IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MU’ALLIMAT NU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Aminah, Siti (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MU’ALLIMAT NU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER_to.pdf

Download (784kB)
[img] Text
02. ABSTRAK_to.pdf

Download (389kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (330kB)
[img] Text
04. BAB I_to.pdf

Download (377kB)
[img] Text
05. BAB II_to.pdf

Download (654kB)
[img] Text
06. BAB III_to.pdf

Download (287kB)
[img] Text
07. BAB IV_to.pdf

Download (649kB)
[img] Text
08. BAB V_to.pdf

Download (259kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung, faktor penghambat, dan evaluasi strategi pembelajaran Reciprocal Teaching pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dengan sumber data primer yaitu guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan pesera didik. Sedangkan pada sumber data sekunder menggunakan buku kepustakaan, dan data dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi yang terkait dengan instansi di lembaga pendidikan MA Mu’allimat NU Kudus. Setelah melakukan penelitian peneliti mendapatkan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pelaksanaan strategi pembelajaran reciprocal teaching pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2018/2019 yakni langkah-langkah strategi pembelajaran reciprocal teaching, interaksi-edukatif antara guru dan peserta didik. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran reciprocal teaching pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2018/2019 antara lain faktor pendukung ada dari guru, siswa dan sarana prasarana dan faktor penghambat antara lain guru dan siswa. 3) evaluasi pelaksanaan strategi pembelajaran reciprocal teaching pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2018/2019 diantaranya tujuan penggunaan strategi pembelajaran reciprocal teaching, kelebihan dan kekurangan penggunaan strategi reciprocal teaching, respon peserta didik dalam menerima materi pelajaran dengan menggunakan strategi reciprocal teaching.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jun 2020 12:33
Last Modified: 24 Jun 2020 12:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item