PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTS NU DARUL ANWAR CRANGGANG DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Khotimah, Siti Husnul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTS NU DARUL ANWAR CRANGGANG DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover-Kata Pengantar_to.pdf

Download (24kB)
[img] Text
02. Abstrak_to.pdf

Download (4kB)
[img] Text
03. Daftar Isi_to.pdf

Download (15kB)
[img] Text
04. BAB I_to.pdf

Download (23kB)
[img] Text
05. BAB II_to.pdf

Download (74kB)
[img] Text
06. BAB III_to.pdf

Download (127kB)
[img] Text
07. BAB IV_to.pdf

Download (173kB)
[img] Text
08. BAB V_to.pdf

Download (8kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka_to.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran advance organizer terhadap kemampuan analisis fiqih peserta didik kelas IX di MTs Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran advance organizer terhadap kemampuan analisis fiqih peserta didik kelas IX MTs Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (fiel research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis penggunakan studi lapangan di MTs Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus yakni pada kelas IX. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas IX A dan IX B MTs sejumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan : (1) penerapan model pembelajaran advance organizer terhadap kemampuan analisis fiqih peserta didik kelas IX pada mata pelajaran fiqih dikategoriakan cukup/ sedang, karena nilai rata-rata variabel X (model pembelajaran advance organizer) kelas IX di MTs NU Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus sebesar 47,34. Nilai tersbut termasuk dalam kategori “Cukup/ Sedang” karena berada pada rentang interval 44-47. (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran advance organizer terhadap kemampuan analisis fiqih peserta didik kelas IX MTs Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus dikategorikan baik karena nilai rata-rata variabel Y (kemampuan analisis fiqih) peserta didik kelas IX di MTs Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus sebesar 47,09. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “ Baik” karena berada pada rentang interval 47-49.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Advance Organizer dan Kemampuan Analisis Fiqih Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jun 2020 12:42
Last Modified: 24 Jun 2020 12:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3023

Actions (login required)

View Item View Item