Nasihah, Durotun (2019) KONSEP PENDIDIKAN JASMANI DALAM KITAB ZAADUL MA’AD KARANGAN IBNU QAYYIM AL JAUZIYYAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK_to.pdf Download (477kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf Download (259kB) |
|
Text
4. BAB I_to.pdf Download (612kB) |
|
Text
5. BAB II_to.pdf Download (595kB) |
|
Text
6. BAB III_to.pdf Download (323kB) |
|
Text
7. BAB IV_to.pdf Download (690kB) |
|
Text
8. BAB V_to.pdf Download (413kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (393kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang konsep pendidikan jasmani menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah. Rumusan masalah penelitian yang dikaji adalah: 1. Bagaimana konsep Pendidikan Jasmani menurut Ibnu Qayyim dalam kitab Zaadul Ma’ad ?, 2. Bagaimana relevansi pendidikan menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyah dan konsep pendidikan jasmani dalam pendidikan Islam saat ini?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (Library research), yaitu penelitian yang memfokuskan pembahasan pada literatur-literatur baik berupa buku, jurnal, makalah, maupun tulisan-tulisan lainnya. Adapun jenis pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumberdata primer dan sekundur, teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisa datanya menggunakan analisis isi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) konsep pendidikan jasmani dalam kitab Zaadul Ma’ad yakni islam mengarahkan manusia agar menjaga selalu kesehatan, menolak berbagai penyakit fisik maupun jiwa. Menurut Ibnu Qayyim tidak semua permainan dalam olahraga boleh dilakukan; dan waktu yang paling baik untuk berolahraga adalah ketika setelah tercernanya makanan secara sempurna. Kurikulum pada pendidikan jasmani dalam kitab ini adalah:: menunggang kuda, melimpar lembing, gulat, lomba lari, memanah dan renang. sedangkan sarana yang tepat bagi pendidikan olahraga adalah syiar (bentuk) ta’abuddiyah (beribadah) yang telah diperintahkan oleh Allah atas hamba-hamba-Nya, yakni shalat dan ibadah haji, (2) Relevansi Pendidikan Jasmani menurut Ibnu Qayyim dalam pendidikan Islam yaitu, dari semua konsep pendidikan jasmani yang dipaparkan Ibnu Qayyim di dalam kitab Zaadul Ma’ad hanya sebagian yang dipraktikkan dalam pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Jasmani, Kitab Zaadul Ma’ad dan Ibnu Qayyim Al Jauziyah |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 03:25 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 03:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3040 |
Actions (login required)
View Item |