PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI NU TAMRINUT THULLAB KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Zaroh, Laela (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI NU TAMRINUT THULLAB KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
05. BAB II .pdf

Download (795kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (749kB)
[img] Text
07. BAB IV .pdf

Download (824kB)
[img] Text
08. BAB V .pdf

Download (365kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa baik pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPA, seberapa baik hasil belajar siswa yang diterapkan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPA dan mengetahui pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di MI NU Tamrinut Thullab. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V MI NU Tamrinut Thullab dengan jumlah 31 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan program SPSS 16.0 dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPA mempunyai nilai rata-rata sebesar 65,32 berada pada interval (63-68), dan termasuk dalam kategori sangat baik. Tingkat hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPA mempunyai nilai rata-rata sebesar 67,74, berada pada interval (65-70), dan termasuk dalam kategori baik. Terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang didapat yaitu 0,708 dengan batasan korelasi 0,60–0,799 yang tingkat korelasinya berarti “kuat”. Sedangkan dilihat dari Fhitung > Ftabel (29>4,16) yang berarti, Ha diterima dan Ho ditolak, maknanya terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di MI NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2020 10:12
Last Modified: 26 Jun 2020 10:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3043

Actions (login required)

View Item View Item