Efektivitas Penerapan Metode Maternal Reflektif Terhadap Pemahaman Materi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunarungu Di SLB Negeri Pati

Handayani, Dwi (2019) Efektivitas Penerapan Metode Maternal Reflektif Terhadap Pemahaman Materi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunarungu Di SLB Negeri Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER_to.pdf

Download (709kB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (334kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (269kB)
[img] Text
4. BAB I_to.pdf

Download (413kB)
[img] Text
5. BAB II_to.pdf

Download (592kB)
[img] Text
6. BAB III_to.pdf

Download (385kB)
[img] Text
7. BAB IV_to.pdf

Download (561kB)
[img] Text
8. BAB V_to.pdf

Download (333kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA._to.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui penerapan metode maternal reflektif terhadap pemahamn materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunarungu di SLB Negeri Pati. 2) untuk mengetahui pemahaman materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunarungu di SLB Negeri Pati. 3) untuk mengetahui efektivitas penerapan metode maternal reflektif terhadap pemahamn materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Negeri Pati. .Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah 8 anak tunarungu kelas VIII. Data diperoleh dengan menggunakan angket, tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji nonparametrik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dengan bentuk tabel dan grafik kemudian dilanjutkan uji nonparametrik tes Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan metode maternal reflektif terhadap pemahamn materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunarungu di SLB Negeri Pati dalam kategori “baik”, yaitu sebesar 54 dengan interval 54-60. (2) Pemahaman materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunarungu di SLB Negeri Pati dalam kategori “ Baik”, yaitu sebesar 58 dengan interval 63. (3) Efektivitas metode maternal reflektif terhadap pemahamnan materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat ditunjukkan dengan tes Wilcoxon yaitu Jika nilai Asymp.sig.(2-talied) lebih kecil < dari 0,05 maka Ha di terima, Sebaliknya, jika nilai Asymp.sig.(2-talied) lebih besar > dari 0.05 maka Ha ditolak. Adapun hasil yang diperoleh dari uji wilcoxon melaui SPSS adalah adalah Asymp.sig.(2-tailed) bernilai.012. Karna nilai 0.12 lebih kecil maka Ha di terima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak Tunarungu, Pemahaman Materi, Metode Maternal Reflekti
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Jul 2020 01:41
Last Modified: 01 Jul 2020 01:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3053

Actions (login required)

View Item View Item