Abdulloh, Muhammad Haris (2019) Penguatan Pendidikan Karakter melalui implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di SMK Negeri 1 Rembang Tesis, Kudus: Program Magister Pendidikan Islam IAIN Kudus, 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover s.d. kata pengantar.pdf Download (827kB) |
|
Text
2. abstrak.pdf Download (328kB) |
|
Text
3. daftar isi.pdf Download (157kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (660kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (599kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (740kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (403kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (365kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 1 Rembang, 2) mendeskripsikan pengimplementasian Gerakan Literasi Sekolah di SMK Negeri 1 Rembang, dan 3) mendeskripsikan strategi penanaman nilai-nilai karakter dalam implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMK Negeri 1 Rembang. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan kepala sekolah, tim GLS dan peserta didik sebagai informan utamanya. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pendidikan Karakter di SMK Negeri 1 Rembang menggunakan multi-pendekatan yaitu (a) pendekatan religius, (b) pendekatan filosofis, (c) pendekatan sosiokultural, dan (d) pendekatan saintifik; dilaksanakan dengan tiga proses yaitu berpikir, bersikap, dan berbuat; dan telah disusun dalam sebuah kurikulum khusus yaitu kurikulum softskill dan di dalamnya memuat sembilan karakter utama yaitu disiplin, jujur, sopan santun, percaya diri, bersih, kepemimpinan, tanggung jawab, kerja sama, terampil berkomunikasi, dan kreatif, 2) Gerakan Literasi Sekolah di SMK Negeri 1 Rembang diimplementasikan melalui tiga tahap, yaitu (a) tahap persiapan, meliputi: rapat koordinasi, pembentukan Tim GLS, sosialisasi program GLS, dan penyiapan sarana prasarana, (b) tahap pelaksanaan, meliputi: pembiasaan membaca yang menyenangkan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik, memunculkan tagihan dalam sebuah dokumen hasil literasi yang dapat dievaluasi, dan menciptakan kegiatan pembelajaran berbasis literasi melalui koordinasi dengan setiap guru mata pelajaran, dan (c) tahap evaluasi, meliputi evaluasi pada dokumen tagihan hasil literasi dan evaluasi pada tingkat gemar membaca peserta didik. 3) Strategi penanaman nilai-nilai karakter dalam implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMK Negeri 1 Rembang digolongkan menjadi tiga macam strategi, yaitu: (a) strategi dalam pemanfaatan sarana prasarana, (b) strategi pengintegrasian Gerakan Literasi Sekolah dengan kurikulum, dan (c) strategi dalam proses kegiatan literasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Literasi, GLS |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 07:10 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 07:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3064 |
Actions (login required)
View Item |