Pengaruh Lingkungan Sosial dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Zaki, Moh. Khoiru (2019) Pengaruh Lingkungan Sosial dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER _to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (64kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI _to.pdf

Download (86kB)
[img] Text
4. BAB I _to.pdf

Download (260kB)
[img] Text
5. BAB II _to.pdf

Download (472kB)
[img] Text
6. BAB III _to.pdf

Download (387kB)
[img] Text
7. BAB IV _to.pdf

Download (429kB)
[img] Text
8. BAB V _to.pdf

Download (220kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sosial terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada pembelajaran akidah akhlak di MTs NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus tahun Pelajaran 2018/2019; (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada pembelajaran akidah akhlak di MTs NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus tahun pelajaran 2018/2019; (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sosial dan motivasi belajar secara brsama-sama terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada pembelajaran akidah akhlak di MTs NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs NU Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 54 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 48 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sosial dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak yang ditunjukkan dengan model Y = 41,643 + 0,447 X1; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak yang ditunjukkan dengan model Y = 48,847 + 0,357 X2; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sosial dan motivasi belajar secara simultan atau bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak yang ditunjukkan dengan model Y = 26,923 + 0,388 X1 + 0,248 X2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan sosial, motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2020 01:40
Last Modified: 09 Jul 2020 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item