Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Sultan Fattah Demak Tahun Pelajaran 2018/2019

Nikmah, Nailin (2019) Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Sultan Fattah Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER_to.pdf

Download (989kB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I_to.pdf

Download (468kB)
[img] Text
5. BAB II_to.pdf

Download (798kB)
[img] Text
6. BAB III_to.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. BAB IV_to.pdf

Download (580kB)
[img] Text
8. BAB V_to.pdf

Download (338kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik secara langsung dalam pembelajaran PAI di SMP Sultan Fattah Demak. Penelitian ini melakukan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yakni penelitian untuk memberikan data dengan menggambarkan gejala tertentu. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa: observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Obyek penelitian ini ialah siswa kelas VII dan VIII dalam pembelajaran PAI yang sudah menggunakan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di SMP Sultan Fattah Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran PAI di SMP Sultan Fattah Demak, dilaksanakan dalam bentuk melakukan observasi kelas. Pelaksanaan penilaian autentik meliputi penilaian afektif berupa penilaian observasi dan penilaian jurnal. Penilaian kognitif berupa penilaian tertulis, penilaian lisan, dan penilaian penugasan. Sedangkan penilaian psikomotorik berupa penilaian kinerja, praktik, produk dan proyek. hasil pelaksanaan penilaian autentik pada mapel PAI di SMP Sultan Fattah Demak belum mencapai standar kompetensi, dilihat dari nilai siswa masih banyak di bawah KKM . Kedua, terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung diantaranya adanya pelajaran tambahan berupa pembelajaran Fiqih, Akhlak, dan BTQ untuk menunjang mata pelajaran yang berbasis agama, selain itu sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih kurangnya pelaksanaan guru dalam penilaian autentik pada penilaian siswa. Dan kurang motivasi siswa dalam belajar. Latar belakang orang tua serta waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: autentik, pelaksanaan penilaian
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:31
Last Modified: 13 Jul 2020 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item View Item