Baedowi, Nor Ahmad (2019) Manajemen Kurikulum Rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs. NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER_to.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK_to.pdf Download (117kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf Download (122kB) |
|
Text
4. BAB I_to.pdf Download (214kB) |
|
Text
5. BAB II_to.pdf Download (490kB) |
|
Text
6. BAB III_to.pdf Download (166kB) |
|
Text
7. BAB IV_to.pdf Download (405kB) |
|
Text
8. BAB V_to.pdf Download (193kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (250kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi analisis dan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas antara lain, perpanjangan pengamatan, triangulasi dan member check. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah- langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Manajemen kurikulum merupakan subtansi manajemen yang utama di sekolah/madrasah. Selain itu, sebagai upaya pencapaian tujuan Pendidikan yang efektif dan efesien manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat penting karena pada dasarnya sekolah merupakan suatu sistem yang didalamnya melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola secara baik dan tertib. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Implementasi manajemen kurikulum di MTs NU Miftahut Tholibin; (2) kendala dan solusi manajemen kurikulum rumpun PAI; (3) hasil manajemen kurikulum PAI. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studikasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :pertama, perencanaan kurikulum dilakukan di awal tahun ajaran dengan mengadakan rapat perencanaan kurikulum, struktur kurikulum sekolah/madrasah disesuaikan dengan tujuan sekolah membentuk siswa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu pengetahuan dan mengamalkan ilmunya serta berakhlakulkarimah. Kedua, pengorganisasian dilakukan olehkepala sekolah dengan membagi tugas kepada seluruh guru sesuai dengan kompetensi masing-masing. Ketiga, pelaksanaan kurikulum yang menyajikan proses pembelajaran mulai dari materi, media, dan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Mata pelajaran PAI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 02:50 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 02:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3092 |
Actions (login required)
View Item |