STUDI ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF FASE PRA OPERASIONAL DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V DI MI NU ISLAMIYAH GOLANTEPUS MEJOBO KUDUS

Setianingsih, Ida (2016) STUDI ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF FASE PRA OPERASIONAL DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V DI MI NU ISLAMIYAH GOLANTEPUS MEJOBO KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas V di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus, 2) Untuk mengetahui perkembangan kognitif fase pra operasional peserta didik kelas V di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus, 3) Untuk mengetahui penanaman nilai-nilai moral peserta didik kelas V pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak dan peserta didik terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus yang dilakukan menurut hasil penelitian penulis bahwa guru Aqidah Akhlak sebelum mengajar membuat rencana pembelajaran atau satuan pelajaran dengan tujuan agar materi yang diajarkan nanti dapat memberikan pemahaman bagi siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. 2) Perkembangan kognitif fase pra operasional peserta didik kelas V di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus adalah siswa melakukan ajaran agama Islam seperti shalat berjama’ah Dzuhur yang dilakukan di sekolah, siswa bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar serta melatih kepedulian sosial siswa. 3) Penanaman nilai-nilai moral peserta didik Kelas V pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus adalah kategori baik, karena guru Aqidah Akhlak di dalam menanamkan nilai-nilai moral sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW dan berdasarkan hadis-hadis shohih. Di samping itu guru Aqidah Akhlak sangat menekankan agar siswa dapat melaksanakan nilai-nilai akhlaq dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, maupun di rumah. Misalnya di sekolah dapat menghormati guru serta menyayangi temannya, di rumah dapat berbuat baik pada orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif Fase Pra Operasional; Penanaman Nilai-nilai Moral; Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam > Aqidah menurut aliran-aliran atau sekte-sekte dalam Islam
Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:10
Last Modified: 04 Feb 2017 03:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item