Peran Keteladanan Guru dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Kurniawati, Ninik (2019) Peran Keteladanan Guru dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER_to.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (117kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (126kB)
[img] Text
4. BAB I_to.pdf

Download (320kB)
[img] Text
5. BAB II_to.pdf

Download (459kB)
[img] Text
6. BAB III_to.pdf

Download (240kB)
[img] Text
7. BAB IV_to.pdf

Download (397kB)
[img] Text
8. BAB V_to.pdf

Download (186kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui peran keteladanan guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus. (3) untuk mengetahui hasil dari peran keteladanan guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang mengemukakan secara spesifik tentang permasalahan kedisiplinan yang sedang terjadi di tengah-tengah lingkungan MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang menekankan pada pencarian gejala mengenai suatu fenomena di masyarakat serta disajikan dalam bentuk naratif. Subyek penelitian ini adalah 1 waka kesiswaan, 4 guru teladan, dan 6 peserta didik. Data-data mengenai peran keteladanan guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus dikumpulkan dengan teknik wawancara terencana terstruktur dan wawancara semiterstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa data kualitatif mengutip konsep dari Miles dan Huberman. Langkahnya dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berhasil memperoleh tiga temuan, yaitu (1) Peran keteladanan guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus yaitu sebagai pembimbing, pengawas dan pengendali. Peran guru sebagai pembimbing yaitu dengan cara memberi teladan dalam setiap perilaku seperti kedisiplinan waktu, ibadah, dan sikap. Peran guru sebagai pengawas yaitu selalu memantau dan mengontrol perilaku peserta didik agar tetap berdisiplin setiap hari. Sedangkan peran guru sebagai pengendali yaitu selalu memberi teladan untuk menegakkan tata tertib atau aturan. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam mendisiplinkan peserta didik di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus. Faktor pendukung terbagi menjadi faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern berupa motivasi dan minat peserta didik. Faktor ekstern berupa pemberian nasihat, teladan, dan pengaruh lingkungan madrasah. Faktor penghambat terbagi menjadi faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern berupa tingkat kesadaran peseta didik rendah. Faktor ekstern berupa pengaruh lingkungan dan kelompok. Faktor lingkungan diantaranya adalah keluarga dan madrasah. (3) Hasil dari peran keteladanan guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus, yaitu adanya peningkatan kedisiplinan peserta didik dalam berbagai bentuk. Misalnya ketepatan menghargai waktu, ketepatan beribadah, ketepatan menaati aturan atau tata tertib, dan perbaikan sikap atau sopan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tata Tertib, Keteladanan Guru, Kedisiplinan.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Aug 2020 01:44
Last Modified: 11 Aug 2020 01:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3108

Actions (login required)

View Item View Item