Sumarti, Sumarti (2019) Strategi Guru Dalam Menyelesaikan Masalah Anak Yang Kurang Disiplin Dengan Pendekatan Psikoanalisis Melalui Bimbingan Konseling Kelas VIII Di MTs. NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus 2018/ 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.COVER_to.pdf Download (984kB) |
|
Text
02.Abstrak_to.pdf Download (339kB) |
|
Text
03.Daftar Isi_to.pdf Download (325kB) |
|
Text
04.BAB I_to.pdf Download (401kB) |
|
Text
05.BAB II_to.pdf Download (668kB) |
|
Text
06.BAB III_to.pdf Download (402kB) |
|
Text
07.BAB IV_to.pdf Download (460kB) |
|
Text
08.BAB V_to.pdf Download (311kB) |
|
Text
09.Daftar Pustaka_to.pdf Download (326kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang strategi guru dalam menyelesaikan masalah anak yang kurang disiplin dengan pendekatan Psikoanalisis melalui bimbingan konseling di MTs. NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Tahun 2018/2019. Bertolak dari sini, peneliti mengajukan tiga rumusan pertanyaan. 1) Apa strategi guru dalam menghadapi menyelesaikan masalah anak yang kurang disiplin di MTs Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019. 2)Bagaimana proses kedisiplinan siswa MTs Nu Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019. 3) Bagaimana penerapan Psikoanalisis melalui bimbingan konseling di MTs Nu Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Adapun pendekatan dalam penelitian ini menggunkan jenis pendektan penelitian yang bersifat kualitatif dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru bimbingan konseling, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan kepala sekolah sebagai sumber primer yang dilakukan dengan menggunakan metode narative deskriptif. Penelitian ini diperoleh hasil : (1) Dapat mengetahui bagaimana strategi guru dalam menghadapi menyelesaikan masalah anak yang kurang disiplin dengan pendekatan Psikoanalisis melalui bimbingan konseling kelas VIII di MTs. Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Menurut peneliti menunjukkan dampak yang sangat positif untuk cara menangani siswa, langkah dan strategi yang dilakukan guru untuk membenahi perilaku anak menuju kebaikan mulai berkembang; (2) Proses kedisiplinan siswa di MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Menurut peneliti menunjukkan signifikan karena proses kedisiplinan mulai meningkat dan terlihat dari perilaku para siswa yang terti mematuhi peraturan sekolah. Kemampuan siswa dalam bertindak dan merespon dengan baik dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari dan membuktikan dengan semangat untuk belajar dan menaati peraturan di sekolah; (3) penerapan Psikoanalisis melalui bimbingan dan konseling di MTs Nu Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Menurut peneliti sangatlah bagus dan menunjukkan signifikan karena kegiatan bimbingan dan konseling yang dimulai dari tahap persiapan pelaksanaan dan penutupan atau pemberian solusi sangatlah bagus dan diterima semua siswa dengan antusias.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi kedisiplinan, pendekatan Psikoanalisis, bimbingan konseling |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 01:55 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 01:55 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3110 |
Actions (login required)
View Item |