STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYYAH QUR’ANIYAH DARUSSALAM CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ulin Ni’am, Mohammad Ajib (2016) STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYYAH QUR’ANIYAH DARUSSALAM CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1) menjelaskan strategi guru dalam pengembangan materi pembelajaran fiqih di madrasah diniyyah Qur’aniyah Darussalam Cendono Dawe Kudus, 2) menjelaskan proses pelaksanaan strategi guru dalam pengembangan materi pembelajaran fiqih di madrasah diniyyah Qur’aniyah Darussalam Cendono Dawe Kudus,3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan materi pembelajaran fiqih di madrasah diniyyah Qur’aniyah Darussalam Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya adalah di Madrasah Diniyyah Qur’aniyah Darussalam Cendono Dawe Kudus. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut:1) strategi guru dalam pengembangan materi pembelajaran fiqih di madrasah diniyyah Qur’aniyah Darussalam Cendono Dawe Kudus adalah mengidentifikasi aspek yang terkandung dalam indikator, mengidentifikasi jenis materi yang ada dalam indikator, memilih jenis materi, memilih sumber materi dan yang terakhir adalahmenyajikan materi tersebut. 2) proses pelaksanaan strategi guru dalam pengembangan materi pembelajaran fiqih di madrasah diniyyah Qur’aniyah Darussalam Cendono Dawe Kudus adalah dengan melakukan kegiatan berikut: mengutip indikator yang telah dirumuskan dalam buku kurikulum, membuat kolom analisis kompetensi, mendaftar materi dan deskripsi materi, memperhatikan dan menentukan kedalaman, keluasan materi, mengurutkan dan menentukan pengembangan materi yang digunakan, menentukan cara atau metode penyampaian sesuai dengan jenis materi, mengumpulkan sumber untuk menuliskan deskripsi materi, kemudian menyajikan atau mengemas materi tersebut. 3) adapun faktor pendukung strategi guru dalam pengembangan materi pembelajaran fiqih di madrasah diniyyah Qur’aniyah Darussalam Cendono Dawe Kudus meliputi: faktor dari dalam guru sendiri yaitu niatnya, media seadanya, kitab-kitab fiqih, internet, serta buku kurikulum sebagai pedoman. Sedangkan untuk faktor penghambatnya meliputi: faktor guru yang sudah tua, faktor kemampuan dan pengetahuan guru yang kurang mengenai pengembangan materi, terbatasnya media pembelajaran, dan alokasi waktu pembelajaran fiqih yang sedikit, hanya 60 menit dalam seminggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru;pengembangan materi
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:01
Last Modified: 04 Feb 2017 03:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item