Pujiningsih, Enik (2019) Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran SKI di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus, 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (996kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (524kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (683kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (352kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (524kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (295kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
jaran team quiz untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V mata pelajaran SKI di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus tahun ajaran 2019/2020. Di dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan, yaitu (1) Bagaimana keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas V di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V mata pelajaran SKI di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran SKI di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari kepala madrasah, guru Sejarah Kebudayaan Islam dan peserta didik kelas V MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa, penerapan team quiz pada mata pelajaran SKI pada kelas V MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus sudah baik untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Terbukti dengan peserta didik yang awalnya tidak memperhatikan saat pembelajaran setelah diterapkannya model pembelajaran team quiz peserta didik ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran team quiz diaplikasikan melalui tiga langkah kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evauasi yang dilakukan pendidik mata pelajaran SKI yaitu pendidik menggunakan tes tertulis yang bersifat kognitif, non tes yang bersifat afektif dan aspek psikomotorik. Faktor yang dapat menghambat pelaksanaan pembelajaran meliputi: Taraf intelegensi peserta didik yang berbeda-beda serta manajemen waktu, sedangkan faktor yang dapat mendukung Adanya minat peserta didik dalam mengikuti pelajaran, adanya komunikasi antar pendidik dan peserta didik yang baik saat pelajaran, serta peran pendidik yang berkompeten.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Team Quiz, Keaktifan Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 03:10 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 03:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3156 |
Actions (login required)
View Item |