Penerapan Metode Karyawisata Sebagai Upaya Pengembangan Kreativitas Anak Kelas B RA Ittihadul Muslimin Kerso Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019

Amirotunni’mah, Amirotunni’mah (2019) Penerapan Metode Karyawisata Sebagai Upaya Pengembangan Kreativitas Anak Kelas B RA Ittihadul Muslimin Kerso Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK_to.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI_to.pdf

Download (75kB)
[img] Text
04 BAB I_to.pdf

Download (105kB)
[img] Text
05 BAB II_to.pdf

Download (152kB)
[img] Text
06 BAB III_to.pdf

Download (108kB)
[img] Text
07 BAB IV_to.pdf

Download (187kB)
[img] Text
08 BAB V_to.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (69kB)

Abstract

Metode adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan. Ketika tujuan dirumuskan agar anak didik memiliki ketrampilan tertentu, maka metode yang digunakan harus disesuaikan dengan tujuan, sehingga metode dapat dijadikan sebagai alat yang efektif untuk mencapai tujuan pengajaran. Selama ini dikenal ada sembilan metode dalam pembelajaran yakni metode bercerita, peran atau drama, demonstrasi, proyek bercakap-cakap, bermain, pemberian tugas, dan karyawisata. Metode karyawisata memiliki peranan yang sangat penting untuk pembentukan kreativitas anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan metode karyawisata, untuk mendeskripsikan alasan-alasan yang melatar belakangi pelaksanaan metode karyawisata, untuk menggambarkan kendala-kendala yang dihadapi guru didalam penerapan metode karyawisata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau yang sering di sebut field research yaitu penelitian yang menggambil data primer dari lapangan daerah atau lokasi. Penelitian dilakukan di RA Ittihadul Muslimin Kerso Kedung Jepara dan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018-Desember 2018. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala PAUD, Guru kelas B, dan dewan guru RA Ittihadul Muslimin Kerso Kedung Jepara. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah wawancara (interview), yaitu untuk memperoleh data-data atau informasi tentang langkah-langkah penerapan metode karyawisata, alasan penerapan metode karyawisata, dan hambatan apa yang dihadapi guru dalam penerapan metode karyawisata. Sementara itu pengamatan (observasi) dilakukan secara langsung dilapangan dengan tujuan untuk memperoleh data tentang gambaran secara umum yang meliputi letak geografis, keadaan guru, keadaan siswa, sarana dan prasarana, dan dokumentasi dimana sebagai penunjang dari metode observasi dan metode wawancara yaitu untuk memperoleh data tentang gambaran-gambaran. Berdasarkan hasil penelitian dari penerapan metode karyawisata adalah sebagai upaya pengembangan kretivitas anak, dapat membangkitkan minat anak kepada sesuatu hal, memperluas perolehan informasi, dan memperkaya lingkup program kegiatan belajar anak yang tidak mungkin dihadirkan dikelas. Selain itu pembelajaran atau metode karyawisata juga sebagai bagian dari kurikulum pengajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Karyawisata, kreativitas Anak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:05
Last Modified: 14 Aug 2020 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3166

Actions (login required)

View Item View Item