Anfiana, Linda (2019) Analisis Pendekatan Saintek Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas X MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus TP. 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR_to.pdf Download (560kB) |
|
Text
2. ABSTRAK_to.pdf Download (239kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf Download (240kB) |
|
Text
4. BAB 1_to.pdf Download (141kB) |
|
Text
5. BAB II_to.pdf Download (221kB) |
|
Text
6. BAB III_to.pdf Download (123kB) |
|
Text
7. BAB IV_to.pdf Download (258kB) |
|
Text
8. BAB V_to.pdf Download (149kB) |
|
Text
9. DAPUS_to.pdf Download (100kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pendekatan saintek kurikulum 2013 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas X MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus TP. 2018/2019, 2) Untuk faktor pendukung dan penghambat pada pendekatan saintek kurikulum 2013 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas X MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus TP. 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), artinya penelitian yang sumber datanya diperoleh dari lapangan. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus pada TP. 2018/2019 telah menggunakan kurikulum 2013. Pada tahun 2017 sudah diwajibkan menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 sendiri untuk pendidikan lebih baik lagi dan agar tidak terkebelakang dari pendidikan Negara-negara lain. Seperti yang sudah di aplikasikan di kelas X MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus ini yang menggunakan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat pada pendekatan saintek kurikulum 2013 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas X MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus TP. 2018/2019 antara lain: (a) Faktor penghambat seperti; faktor guru yang kurang maksimal dalam menguasai pembuatan RPP secara sempurna, faktor peserta didik yaitu perbedaan biologis, intelektual dan psikologis, dan juga faktor sarana dan prasarana yaitu keterbatasan buku pegangan untuk peserta didik, (b) Faktor pendukung seperti; faktor guru dalam pengalaman yang telah didapat, faktor peserta didik yaitu perbedaan biologis, intelektual dan psikologis, dan juga faktor sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Kurikulum 2013, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), SKI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 06:51 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 06:51 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3176 |
Actions (login required)
View Item |