Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Islmi Siswa di SMK Fathul Ulum Gabus Grobogan

Fitriani, Nur (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Islmi Siswa di SMK Fathul Ulum Gabus Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (979kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (586kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)

Abstract

Zaman sekarang ini banyak sekali kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh siswa.untuk mengurangi kenakalan tersebut guru PAI sangat berperan dalam mengatasinya. Rumusan masalah penelitian ini ada tiga, yaitu:(1)Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMK Fathul Ulum Gabus Grobogan. (2)Bagaimana peran guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMK Fathul Ulum Gabus Grobogan.(3)Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam meningkkatkan perilaku islami siswa di SMK Fathul Ulum Gabus Grobogan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif.Sesuai dengan obyek kajiannya, jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di SMK Fathul Ulum Gabus Grobogan.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi.Dengan menggunakan analisis yang bersifat induktif. Adapun temuan skripsi menunjukkanbahwa: (1)Peran guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMK Fathul Ulum Gabus Grobogan yaitu dengan selalu membimbing dan membina siswa untuk berperilaku islami sehari-hari melalui pembiasaan bersikap sopan santun dan menggunakan peci ketika berada di sekolah, selain itu fasilitas keagamaan seperti mushola serta ekstrakurikuler keagamaan seperti IPNU, IPPNU, dan kajian Islam digunakan guru PAI untuk memaksimalkan tujuan dari guru untuk membentuk perilaku islami siswa. (2)Peran guru PAI sebagai model dan tauladan dalam meningkatkan perilaku islami di SMK Fathul Ulum Gabus Grobogan sebagai berikut: a)selalu berusaha membimbing siswa siswi untuk berperilaku dengan baik, mengingatkan jika mereka melakukan perbuatan yang tidak terpuji, b)selalu berusaha memberikan contoh yang baik bagi siswa agar para siswa memberikan feedback yang baik pula dalam kehidupan seharihari baik saat masih berada di sekolah atau saat nanti bermasyarakat, c)memberikan contoh nyata pada saat mengajar yaitu mengucapkan salam terlebih dahulu, setelah itu berdoa secara bersama-sama. Dengan hal-hal kecil semacam itu secara tidak langsung siswa akan meniru kebiasaan yang dilakukan oleh guru. (3)Peran guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMK Fathul Ulum Gabus Grobogan yaitu dengan memberikan evaluasi secara menyeluruh, karena evaluasi tidak hanya membeh asaspek kognitif saja, akan tetapi juga membahas evaluasi dalam aspek afektif dan psikomotorik yaitu tingkahlaku. Dalam hal ini guru juga turut serta dalam memberikan evaluasi terhadap perilaku siswa, jika perilaku siswa mencerminkan perilaku tercela maka sudah sewajibnya guru untuk membina dan mengarahkan siswa untuk berperilaku islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Perilaku Islami
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Aug 2020 01:24
Last Modified: 25 Aug 2020 01:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3202

Actions (login required)

View Item View Item