Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Respon Belajar Peserta Didik Kelas XII Pada Mata Pelajaran Fiqih di SMK NU Ma’arif 2 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Arfitanti, Agustina Dwi (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Respon Belajar Peserta Didik Kelas XII Pada Mata Pelajaran Fiqih di SMK NU Ma’arif 2 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (710kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (712kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (780kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)

Abstract

Latar Belakang Skripsi dalam Penelitian ini adalah bahwa masih ada dari siswa kelas XII masih kurang dalam respon belajar, dimana mereka masih suka bermain sendiri maupun dengan teman-temannya, sehingga ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar mereka kurang fokus. Kelas XII di SMK NU Ma’arif 2 Kudus haruslah mereka merespon dengan baik saat kegiatan belajar mengajar,jika respon belajar mereka baik tingkat keinginan untuk bertindak/berpartisipasi aktif, membacakan/mendengarkan pembelajaran, memperhatikan proses pembelajaran, mengamati proses pembelajaran akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu diperlukan penerapan metode Problem Solving terhadap respon belajar peserta didik kelas XII. Metode Problem Solving adalah metode pemecahan masalah, dimana anak dilatih untuk dapat menyelesaikan masalah dengan respon yang baik pula. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penelitian lapangan di SMK NU Ma’arif 2 Kudus. Pendekatan yang digunakan dalam pendekatan ini adalah pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes kepada peserta didik kelas XII dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu Analisis pendahuluan, uji hipotesis dan Analisis lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Respon belajar peserta didik kelas XII dengan tidak menggunakan metode pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran Fiqih di SMK NU Ma’arif 2 Kudus kurang dari KKM (70). 2) Respon belajar peserta didik kelas XII dengan tidak menggunakan metode pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran Fiqih di SMK NU Ma’arif 2 Kudus diatas dari KKM (85). 3) Terdapat perbedaan yang signifikan respon belajar peserta didik kelas XII SMK NU Ma’arif 2 Kudus dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving dan non Problem Solving pada mata pelajaran Fiqih. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan respon belajar peserta didik kelas XII dalam keinginan untuk bertindak/berpartisipasi aktif, membacakan/mendengarkan pembelajaran, memperhatikan proses pembelajaran, mengamati proses pembelajaran antara pretest dan posttest pada mata pelajaran Fiqih di SMK NU Ma’arif 2 Kudus. 5) Terdapat interaksi antara respon belajar peserta didik kelas XII dalam tingkatan keinginan untuk bertindak/berpartisipasi aktif, membacakan/mendengarkan pembelajaran, memperhatikan proses pembelajaran, mengamati proses pembelajaran antara pretest dan posttest dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving dan non Problem Solving pada mata pelajaran Fiqih di SMK NU Ma’arif 2 Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Problem Solving, Respon Belajar, Fiqih.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:00
Last Modified: 25 Aug 2020 03:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3209

Actions (login required)

View Item View Item