Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Darus Surur Kalirejo Undaan Kudus

Amalia, Viona Eka (2019) Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Darus Surur Kalirejo Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (495kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (218kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pemanfaatan media flashcard di RA Muslimat NU Darus Surur Kalirejo Undaan Kudus; 2) Untuk mengetahui perkembangan berpikir simbolik anak usia dini di RA Muslimat NU Darus Surur Kalirejo Undaan Kudus; 3) Untuk mengetahui kendala-kendala dalam penggunaan media flashcard terhadap perkembangan berpikir simbolik anak usia dini di RA Muslimat NU Darus Surur Kalirejo Undaan Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala RA, Guru wali kelas B3, dan peserta didik B3 di RA Muslimat NU Darus Surur Kalirejo Undaan Kudus. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer meliputi wawancara kepada kepala RA, Guru wali kels B3. Instrumen atau alat dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi dan mengadakan member check. Analisis data pada penelitian ini menggunakan data reduksi, data display dan verifikasion. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan media flashcard di RA Muslimat NU Darus Surur Kalirejo Undaan Kudus yaitu dengan penyusunan RPPH, persipan Masuk, kegiatan awal, kegiatan inti, istirahat, dan kegiatan akhir, sehingga pemanfaatan media flashcard di RA Muslimat NU Darus Surur Kalirejo Undaan Kudus berjalan dengan lncar.; 2) Perkembangan berpikir simbolik anak usia dini di RA Muslimat NU Darus Surur Kalirejo Undaan Kudus secara umum anak kelas bB3 yang berjumlah 20 anak, dikatakan berkembang sesuai harapan dan beberapa anak dalam kategori mulai berkembang. Hal ini ditnjukkan dengan hasil capaian perkembangan berpikir simbolik anak usia dini di RA Muslimat NU Darus Surur Kalirejo Undaan Kudus.; 3) Kendala-kendala dalam penggunaan media flashcard terhadap perkembangan berpikir simbolik anak usia dini di RA Muslimat NU Darus Surur kalirejo Undaan Kudus yaitu tidak ada ketersediaan media, dan guru kelas harus mempersiapkan sendiri media yang akan dibuat kegiatan pembelajaran, sehingga perkembangan berpikir simbolik anak terkendala meskipun sudah dikatakan berkembang sesuai harapan, sedangkan perkembangan berpikir simbolik yang diharapkan yaitu berkembang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:39
Last Modified: 26 Aug 2020 07:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item View Item