Studi Komparasi Antara Penggunaan Metode Cooperative Script Dengan Metode Ceramah Terhadap Interaksi Edukatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI di MA Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Lathifah, Izzatin (2019) Studi Komparasi Antara Penggunaan Metode Cooperative Script Dengan Metode Ceramah Terhadap Interaksi Edukatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI di MA Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover- kata pengantar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. dafatar isi.pdf

Download (748kB)
[img] Text
4 Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB II new.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB III BARUU.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB IV tERBARU.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (513kB)

Abstract

mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode cooperative script, untuk mengetahui interaksi edukatif peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode ceramah, untuk menjelaskan perbedaan interaksi peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang menggunakan metode cooperative script dengan metode ceramah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan pola penelitian PosttestOnly Control Design. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu : metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik. Cara pengambilan sampelnya adalah diambil semua. Hal ini dilakukan dengan alasan bahwa populasi kurang dari 100 orang. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Interaksi edukatif peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan metode cooperative script di MA Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Pati dalam kategori cukup baik, yaitu sebesar 64,06 (interval 56-66), Interaksi edukatif peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan metode ceramah di MA Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Pati dalam kategori cukup baik, yaitu sebesar 50,45 (interval 38-51). (3) Terdapat perbedaan yang signifikan interaksi edukatif peserta didik dengan adanya penggunaan metode cooperative script dan metode ceramah dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Pati diperoleh angka t hitung sebesar 3,476 > 2,028 t tabel. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada interaksi edukatif peserta didik kelas XI dengan adanya penggunaan metode cooperative script dan ceramah karena t hitung lebih besar dari t tabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Cooperative Script, Interaksi Edukatif, Pelajaran SKI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:48
Last Modified: 26 Aug 2020 07:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3224

Actions (login required)

View Item View Item