Pengaruh Antara Kompetensi Kepribadian Guru Aqidah Akhlak Dengan Akhlak Peserta Didik Kelas X MIPA Di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2018/2019

Istiyani, Rindu (2019) Pengaruh Antara Kompetensi Kepribadian Guru Aqidah Akhlak Dengan Akhlak Peserta Didik Kelas X MIPA Di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (531kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (434kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, kepribadian seorang guru aqidah akhlak yang mempengaruhi akhlak peserta didik di sekolahan. Peserta didik kerap kali dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang ada disekitarnya, sehingga guru di dalam sekolah harus senantiasa memberikan bimbingan dan pengawasan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak dan gambaran akhlak peserta didik serta mengetahui hubungan antara kepribadian guru aqidah akhlak dengan akhlak peserta didik kelas X MIPA di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan selama ± satu bulan, antara bulan April sampai bulan Mei 2019, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 80 peserta didik yang dicari menggunakan teknik non probability sampling dengan cara kuota sampling. Teknik non probality sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi dan angket. Data yang terkumpul sebelum dianalisis dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas dan untuk uji hipotesis menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Tingkat kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak termasuk dalam kategori baik, yaitu diketahui dari means atau rata-rata 54,23 dalam rentang interval 54,60-60. 2) Tingkat akhlak peserta didik termasuk dalam kategori cukup, dengan rata-rata atau means 50 dalam rentang interval antara 45-52. Dan 3) hubungan pengaruh antara kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak dengan akhlak peserta didik kelas X MIPA di MA NU Miftahul Falah tahun ajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori sangat rendah. Yaitu dengan rata-rata atau means 0,131044 dalam interval 0.000-0.190. dan terdapat kontribusi sebesar 13% dari kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak terhadap akhlak peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Antonius. Buku Pedoman Guru. Bandung: Penerbit Yrama Widya. 2015. Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Pt rineka cipta, 2005. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 2006. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998. Bungin, Burhan. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2013. Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali pers. 2012. Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. Manajemen Kelas (Classroom Management). Bandung: Alfabeta. 2015. Mahjuddin. Akhlak Tasawuf I : Mu’jizat Nabi Karomah Wali dan Ma’rifah Sufi , Jakarta: Kalam Mulia. 2009. Maolani, Rukaesih A dan Ucu Cahyana. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2015. Masrukhin. Statistik Inferensial. Kudus: Mitra Press. 2008. Masrukin. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kudus: Buku Daros STAIN Kudus. 2009. Masrukin. Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam. Kudus: Media Ilmu. 2012. Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006. Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007. xxi Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013. cet. Ke-7. Mulyasa, E. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2007. Cet Ke-1. Mulyasana, Dedi. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012. Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016. Rohmad, Ali. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Teras. 2009. Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2013. cet. Ke-4. Subana, dkk. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2000. Subroto, Suryo. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 1997. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011. Sugiyono. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2012. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015. Sugiyono. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2014. Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2011. Fatoni, Baca Sulton, Wijdan Fr. The Wisdom of Gusdur: Butir- Butir Kearifan Sang Waskita. Bandung: Imania. 2014. Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2005. xxii Usman, Moh. Uzer .Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya, 2005. cet. Ke-17. Darojah, Nur Rofiah dan Hady Siti Hadijah. Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2016. Vol. 1. No. 1. Hanif, A. Rifqy dan Abdul Khobir. Konsep Akhlak Seorang Peserta Didik Dalam Mencari Ilmu Menurut Kiai Ahmad Sakhowi Amin (Kajian Kitab Miftah Al Akhlaq). Forum Tarbiyah, 2013. Vol. 11. No. 1. Herriyan, Argi, dkk. Kompetensi Kepribadian Guru Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik di MAS Proyek Univa Medan. Edu Riligia. Vol. 1, No. 4. Hidayat, Muhammad Fahmi. Pengaruh Implementasi Kompetensi Gutu PAI dan Non PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Bintang Nusantara (BINUSA), Pondok Aren, Tangerang Selatan. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah (Jakarta: Perpustakaan Umum UIN Syarif Hidayatullah, 2014). Nasution, Nurdiana dan Cicik Suriani. Korelasi Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA N 1 Kualuh Leidong Kabupaten Labuhan Batu Utara. Jurnal Pelita Pendidikan. Vil. 4. No. 2. Muslihudin, Adib, Pengaruh Kompetensi Guru PAI Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Siswa di SDN Pagu II Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Jakarta: Perpustakaan Umum UIN Syarif Hidayatullah. 2014) Susetyowati, Tisa dan Susena. Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, Jurnal citizenship, 2013. Vol.3. No.1. Zuhaeriyah. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa di SMP Muhammadiyah 29 Sawangan. Skripsi UIN xxiii Syarif Hidayatullah Jakarta. (Jakarta: Perpustakaan Umum UIN Syarif Hidayatullah, 2014). PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Bab Kompetensi Guru.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:59
Last Modified: 27 Aug 2020 03:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item View Item