Judul Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Maslakul Huda Sluke Rembang

Syarifah, Tuhfatus (2019) Judul Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Maslakul Huda Sluke Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (451kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (589kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui model pembelajran quantum teaching dan penerapannya serta 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan model quantum teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran fiqih, dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Maslakul Huda Sluke Rembang, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran ini dilaksanakan dari awal sampai akhir pembelajaran, dimana dalam penerapannya memberikan kesan yang menyenangkan untuk peserta didik. Dengan adanya model pembelajaran ini peserta didik bisa dengan bebas menyampaikan pendapat mereka sehingga keaktifan belajar peserta didik dapat tumbuh dengan baik sesuai tujuan pembelajaran. 2) Faktor pendukung model pembelajaran ini yaitu guru harus mengetahui karakter peserta didik, ruang kelas yang mendukung, lingkungan dalam kelas harus benar-benar ditata dengan begitu rapi agar tidak terkesan berantakan, sedangkan faktor penghambat dalam model pembelajaran yang dirasakan yaitu diantaranya, suasana kelas yang gaduh jadi terkesan kelas tidak kondusif, masih ada beberapa siswa yang belum bisa mengikuti model pembelajaran yang digunakan, dan juga dalam evaluasi pembelajaran yang masih ada beberapa yang tidak sesuai dengan pengerjaannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Quantum Teaching, Keaktifan Belajar, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2020 07:19
Last Modified: 27 Aug 2020 07:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3236

Actions (login required)

View Item View Item