Hartin, Rusmiyat (2019) Implementasi Strategi Active Learning Tipe Question Student Have (QSH) dalam Meningkatkan Keaktifan Bertanya Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (634kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (638kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (640kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (694kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (414kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (723kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (720kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Pertama, Untuk mendeskripsikan strategi Active Learning Tipe Question Student Have (QSH). Kedua, Untuk mendeskripsikan keaktifan bertanya siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Ketiga, Untuk mendeskripsikan implementasi strategi Active Learning Tipe Question Student Have (QSH) dalam meningkatkan keaktifan bertanya siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui data primer dan data sekunder, data primer berupa observasi dan wawancara kepada Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan siswa kelas XI sedangkan data sekunder berupa RPP, transkip nilai, foto-foto saat wawancara dan foto-foto proses pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan strategi Question Student Have (QSH). Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan siswa kelas XI. Adapun analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan beberapa cara yakni meningkatkan ketekunan, triangulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi Question Student Have pada mata pelajaran Akidah Akhlak sudah sesuai dengan teori yang disampaikan oleh Silberman (1996) yang mengatakan bahwa strategi Question Student Have merupakan strategi pembelajaran aktif yang tidak membuat peserta didik takut untuk mempelajari apa yang mereka butuhkan dan harapkan. Strategi Question Student Have juga sesuai untuk peserta didik yang malu untuk mengungkapkan pendapatnya. 2) Keaktifan bertanya siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak sudah cukup aktif untuk bertanya dan memberikan jawaban. Bisa dikatakan cukup aktif karena dalam pengamatan yang dilakukan penulis pada saat proses pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak terdapat 18 siswa dari 30 siswa yang mengangkat tangan untuk mengajukan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan. 3) Penerapan strategi Question Student Have pada mata pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan observasi yang dilakukan penulis pada saat proses pembelajaran berlangsung terdapat 18 siswa yang mengangkat tangan untuk mengajukan pertanyaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Active Learning Tipe Question Student Have (QSH), Keaktifan Bertanya Siswa, Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 01:32 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 01:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3240 |
Actions (login required)
View Item |