Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah di MTs NU Ibtidaul Falah Samiejo Dawe Kudus

Robbani, Muhammad (2019) Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah di MTs NU Ibtidaul Falah Samiejo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang kepemimpinan visioner kepala madrasah di MTs NU Ibtidaul Falah Samiejo Dawe Kudus. Kepemimpinan adalah hal yang penting di dalam sebuah organisasi dalam proses mempengaruhi dan mengarahkan aktivitas organisasi yang diatur untuk tujuan bersama. Adapun model kepemimpinan yaitu: kepemimpinan kharismatik, kepemimpinan transformasional, kepemimpinan demokratis, kepemimpinan professional, dan kepemimpinan visioner. Kepemimpinan visioner adalah kepemimpinan yang kerja pokoknya difokuskan pada rekayasa masa depan yang penuh tantangan. MTs NU Ibtidaul Falah Samiejo Dawe Kudus terlihat mengalami kemajuan dan perkembangan ditinjau dari kuantitas peserta didik, kualitas pendidik yang baik dan adanya program-program madrasah yang secara bertahap terlaksana dengan baik, hal ini dikarenakan kepala madrasah telah berupaya melaksanakan kepemimpinan visioner dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui tentang kepemimpinan visioner kepala madrasah di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. 2) Untuk mengetahui tentang faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan visioner kepala madrasah di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data primer yaitu: kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, guru bahasa Indonesia dan peserta didik. Sumber data sekunder yaitu: arsip profil madrasah dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibelitas, menggunakan triangulasi, uji transferability, uji depenability, dan uji konfirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kepala MTs NU Ibtidaul Falah Samiejo Dawe Kudus telah mencermikan dan sudah menerapakan lima karakteristik kepemimpinan visioner meliputi fokus masa depan dan mampu menyiasati masa depan yang penuh tantangan, menjadi agen perubahan yang unggul, menjadi penentu arah organisasi yang memahami prioritas, menjadi pelatih professional, dan membimbing orang kearah profesionalisme kerja yang diharapkan. 2) Faktor pendukung kepemimpinan visioner kepala MTs NU Ibtidaul Falah Samiejo Dawe Kudus yaitu: adanya dukungan penuh dari guru, sarana dan prasarana yang mendukung, kompetensi guru yang berkualitas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya etos kerja s

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Visioner, Kepala Madrasah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:37
Last Modified: 01 Sep 2020 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item