Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Rochmah, Khamidatur (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (486kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Take and Give pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode eksperimen merupakan bagian dari penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus dengan jumlah 120 siswa, kemudian peneliti ambil sampel secara random sampling dengan taraf kesalahan 5% yaitu 89 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliiti menggunakan beberapa teknik yaitu : angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Product Moment. Adapun hasil penelitian ini adalah : (1) Penerapan model pembelajaran Take and Give pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020 telah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran Take and Give. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata penerapan model pembelajaran Take and Give sebesar 62,4 yang masuk pada kelas interval 61,52 - 67,77 dalam kategori baik. (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam keadaan baik. Hai ini dibuktikan dengan diperolehnya rata-rata sebesar 81,86 yang termasuk dalam kelas interval 81,2 - 87,7 dalam kategori baik. (3) Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, terbukti bahwa penerapan model pembelajaran Take and Give berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini sesuai dengan hasil perhitungan statistik yang telah diketahui hasilnya bahwa nilai rxy sebesar 0,667 dengan taraf signifikan 5% yaitu 0,177. Dengan demikian r0 > rt (0,667 > 0,177).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Take and Give, Motivasi Belajar, Siswa Pelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2020 06:49
Last Modified: 01 Sep 2020 06:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item