Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Pemahaman Kitab Bulūgul Marām Bab Ṭahārah Siswa Kelas XI di MA Darun Najah Ngemplak Kidul Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2018/2019

Hayati, Evi Siti Noor (2019) Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Pemahaman Kitab Bulūgul Marām Bab Ṭahārah Siswa Kelas XI di MA Darun Najah Ngemplak Kidul Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (573kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (729kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (789kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Menggambarkan bagaimana penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab Bulūgul Marām bab Ṭahārah siswa kelas XI di MA Darun Najah Ngemplak Kidul 2) Menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan metode sorogan dalam pembelajaran kitab Bulūgul Marām bab Ṭahārah siswa kelas XI di MA Darun Najah Ngemplak Kidul dan 3) Menjelaskan upaya MA Darun Najah memberdayakan kelebihan dan meminimalisir kekurangan metode sorogan dalam pembelajaran kitab Bulūgul Marām bab Ṭahārah. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara diskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan pembelajaran di MA Darun Najah dengan menggunakan metode sorogan bejalan dengan baik dan lancar hal ini terbukti dengan proses pembelajaran yang berjalan secara sistematis 2) Kelebihan metode sorogan yaitu, hubungan antara guru dan siswa menjadi lebih akrab, guru bisa mengawasi, menilai dan membimbing siswa secara langsung, guru dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa, siswa menjadi lebih aktif dan mandiri, menumbuhkan sikap kompetitif pada siswa, bagi siswa yang lancar ketika maju dapat menambah paragraf yang disetorkan kepada guru, siswa termotivasi untuk menyelesaikan sorogan dengan target yang telah ditentukan. Sedangkan kekurangan penerapan metode sorogan yaitu, membutuhkan waktu yang lama, kurang efektif dan efisien, guru dituntut untuk sabar, membuat murid mudah bosan, bagi anak yang malas maka akan tertinggal teman-temannya yang giat maju sorogan 3) Cara memberdayakan kelebihan metode sorogan yaitu, guru memanfaatkan kedekatannya kepada siswa untuk lebih mengenal setiap individu atau setiap siswa. Sedangkan cara untuk meminimalisir kelemahan yang ada yaitu, diadakan jam tambahan setelah pulang sekolah bagi mereka yang ingin sorogan tapi terkendala dengan waktu ketika jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Sorogan, Meningkatkan Pemahaman, Kitab Bulūgul Marām Bab Ṭahārah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:33
Last Modified: 01 Sep 2020 07:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item View Item