Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Kelas IV di MI Wasilatut Taqwa Tenggeles Mejobo Kudus

Tyas, Maya Yulianing (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Kelas IV di MI Wasilatut Taqwa Tenggeles Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (596kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (487kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (781kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media pop up card (PoCard) pada mata pelajaran tematik kelas IV di MI Wasilatut Taqwa Tenggeles Mejobo Kudus. 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran tematik di MI Wasilatut Taqwa Tenggeles Mejobo Kudus. 3). Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh pada metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV di MI Wasilatut Taqwa Tenggeles Mejobo Kudus. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket dan melakukan tes secara langsung pada siswa kelas IV di MI Wasilatut Taqwa sebanyak 25 siswa. Metode analisis regresi sederhana dengan bantuan program olah data SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa. 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dengan berbantuan media pop up card dengan rata-rata (mean) sebesar 66,48 termasuk dalam kategori baik karena masuk dalam interval (65-72). 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstribusi metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar masuk dalam kategori baik. Karena nilai rata-rata (mean) dari metode NHT adalah sebesar 66,48 masuk dalam interval (65-72) sedangkan nilai rata-rata (mean) dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik adalah sebesar 13,64 dalam interval (13-16). Nilai korelasi antara variabel metode NHT dengan variabel hasil belajar siswa adalah sebesar 0,658 termasuk kategori kuat , dan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,433. Jadi metode NHT telah memberikan konstribusi sebesar 43,3% terhadap hasil belajar siswa. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa kelas IV pre test dan post test pada mata pelajaran tematik yang mengalami peningkatan. Nilai post test menunjukkan lebih tinggi dari pre test yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. 3) Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode NHT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik siswa kelas IV di MI Wasilatut Taqwa , dengan menggunakan model Y’ = -6,566 + 0,304X. Sedangkan hubungan metode NHT terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0,658 termasuk dalam kategori kuat, dan Fhitung sebesar 17,579 lebih besar dari F tabel yaitu 4,28.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:29
Last Modified: 16 Sep 2020 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item