Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MI Sabilul Muttaqin Trimulyo Guntur Demak Tahun Pelajaran 2018/2019

Assyifaiyah, Novi Fauziyah (2019) Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MI Sabilul Muttaqin Trimulyo Guntur Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (589kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (768kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (768kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Sabilul Muttaqin Trimulyo Guntur Demak sebelum menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). 2) Mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Sabilul Muttaqin Trimulyo Guntur Demak sesudah menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). 3) Mengetahui efektif tidaknya model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Sabilul Muttaqin Trimulyo Guntur Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk PreEksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Sabilul Muttaqin Trimulyo Guntur Demak yang berjumlah 24 siswa dengan menggunakan teknik sampling yaitu Non probability Sampling berbentuk sampling jenuh. Analisis penelitian dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes sebesar 55,62 dan nilai rata-rata postes sebesar 75,00. Nilai tersebut menunjukkan ada peningkatan sebesar 19,38. Nilai thitung 22,329 > ttabel (2,069) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan ada peningkatan yang signifikan pada data pretes dan postes. Pada data pretes siswa yang semula tuntas dengan porsentase sebesar 33% setelah mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) meningkat menjadi 92% terdapat peningkatan sebesar 59%. Adapun pada data pretes siswa yang semula tidak tuntas sebesar 67% setelah mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) menurun menjadi 8 % terdapat penururan sebesar 59%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MI Sabilul Muttaqin Trimulyo Guntur Demak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:15
Last Modified: 16 Sep 2020 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3281

Actions (login required)

View Item View Item