Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca pada Siswa Kelas IV di MI Sabilul Huda Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019

Lusianifah, Vina (2019) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca pada Siswa Kelas IV di MI Sabilul Huda Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER NEW.pdf

Download (917kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (496kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (256kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas IV di MI Sabilul Huda Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui hambatan yang di alami guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas IV di MI Sabilul Huda Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas IV di MI Sabilul Huda Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa: 1) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas IV di MI Sabilul Huda Nalumsari adalah sebagai berikut: Faktor intern. Faktor intern adalah faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri. Faktor tersebut yakni “kurang percaya diri atau pemalu dan pendiam”. Sifat pemalu dan pendiam Nadya membuat Nadya sering tidak mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru, sehingga menyebabkan tingkat pemahaman Nadya rendah dan mengalami kesulitan belajar membaca. Faktor Ekstern. Faktor ekstern adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa. Disini faktor eksternnya adalah dari orang tua, dimana orang tua terlalu sibuk bekerja. Sehingga tidak mempunyai waktu untuk mendampingi anak belajar. 2) Hambatan yang dialami guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas IV MI Sabilul Huda yakni guru di MI Sabilul Huda Nalumsari mengalami kesulitan dalam melakukan pembimbingan dan menyampaiakan materi pada anak. Karena Nadya sangat pemalu dan sering menutup kepalanya dengan kerudung. Jadi guru harus benarbenar menggunakan pendekatan khusus yaitu dengan perilaku halus supaya Nadya bisa dibimbing dengan baik. 3) Upaya guru dalam mengatasi belajar membaca pada siswa kelas IV MI Sabilul Huda Nalumsari adalah memberikan jam tambahan setelah siswa pulang sekolah, menggunakan pendekatan khusus yakni dibimbing dengan perilaku halus dan tidak boleh dikeras, disandingkan dengan anak yang mendapat peringkat 5-10 besar serta diberi motivasi, pengertian dan masukan agar ada kemajuan dan semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kesulitan Belajar Membaca
Subjects: Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:59
Last Modified: 16 Sep 2020 03:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item