Pengaruh Metode Role Playing dan Demonstrasi Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IX di MTs Negeri 6 Demak

Karlisa, Dayuk Suci (2019) Pengaruh Metode Role Playing dan Demonstrasi Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IX di MTs Negeri 6 Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (663kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (793kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Meningkatkan keaktifan belajar siswa dapat dilakukan dengan cara memberi metode yang menarik seperti halnya role playing dan demonstrasi guru, dengan menggunakan tersebut diharapkan siswa lebih aktif dan siswa menjadi terlibat secara langsung dan dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX di Mts Negeri 6 Demak tahun ajaran 2019/2020. 2). Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi guru terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs Negeri 6 demak tahun ajaran 2019/2020. 3). Untuk mengetahui pengaruh metode role playing dan demonstrasi guru secara simultan terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs Negeri 6 demak tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan penelitian ini tergolong penelitian penelitian lapangan (field reseacrh). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptive survey. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh (sensus) dengan jumlah sampel keseluruhan 54 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Dalam anlisis ini peneliti menggunkakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan progam oleh data SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa. 1). Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode role playing terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX di MTs Negeri 6 Demak dengan hasil uji thitung lebih besar dari ttabel ( 3,333 >2,000) dan nilai sig (0,002 < 0,05) sehingga dapat disumpulakan H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode demonstrasi guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX di MTs Negeri 6 Demak dengan hasil uji thitung lebih besar dari ttabel ( 2,067 > 2,000) dan nilai sig (0,044 < 0,05) sehingga dapat disumpulakan H0 ditolak dan Ha diterima. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara metode role playing dan demonstrasi guru terhadap keaktifan belajar siswa dengan menggunakan hasil uji Fhitung > Ftabel (13,230 >3,18), dan nilai sig (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Metode Demonstrasi, Keaktifan Belajar Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:05
Last Modified: 23 Sep 2020 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item