Pengaruh Identifikasi Kesulitan Belajar terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika kelas IV di MI NU Nurul Huda Gulang Mejobo Kudus

Wulandari, Manik (2019) Pengaruh Identifikasi Kesulitan Belajar terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika kelas IV di MI NU Nurul Huda Gulang Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 abstrak.pdf

Download (206kB)
[img] Text
3 daftar isi.pdf

Download (788kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB III NEW.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB IV New.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (452kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Dapat menganalisis cara guru identifikasi kesulitan belajar siswa pada soal cerita matematika kelas IV MI NU Nurul Huda Gulang Mejobo Kudus. (2) Dapat mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas IV MI NU Nurul Huda Gulang Mejobo Kudus. (3) Dapat mengetahui tingkat keefektifan guru dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika kelas IV MI NU Nurul Huda Gulang Mejobo Kudus. Adapun penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penenlitian lapangan (field reseach). Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Nurul Huda Gulang Mejobo Kudus. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis lanjut. Hasil penelitian yang didapatkan diantaranya sebagai berikut: (1) Identifikasi kesulitan belajar yang dilakukan oleh guru di MI NU Nurul Huda Gulang Mejobo Kudus memiliki nilai hipotesis 48 yang termasuk dalam rentang interval 43-51. Jika diinterpretasikan dalam kenyataannya nilai tersebut masuk dalam kategori “Cukup Baik”.(2) Keampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas IV memiliki nilai hipotesis 84 yang termasuk dalam rentang interval 84-100. Jika diinterpretasikan dalam kenyataannya nilai tersebut masuk dalam kategori “Tinggi”.(3) Identifikasi kesulitan belajar yang dilakukan oleh guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika kelas IV di MI NU Nurul Huda Gulang. Pengaruh itu didapatkan dengan taraf signifikansi uji t sebesar 4,898. Nilai thitung tersebut ternyata lebih besar dari nilai ttabel, sehingga 4,898 > 1,714 (thitung > ttabel). Kemudian dengan menggunakan uji F maka didapatkan 23,99 nilai tersebut ternyata lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 2,09. Artinya 23,99 > 2,09 (Fhitung > Ftabel). Kontribusi nilai pengaruh identifikasi kesulitan belajar terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas VI di MI NU Nurul Huda Gulang Mejobo Kudus adalah sebesar 52,2% dengan persamaan regresi Y’ = 9,784 + 1,469.X. Sehingga didapatkan nilai korelasi sebesar 0,722 nilai tersebut masuk dalam rentang interval koefisien 0,61 – 0,80 ini berarti nilai pengaruh identifikasi kesulitan belajar terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas VI di MI NU Nurul Huda Gulang Mejobo Kudus menunjukkan “kategori tinggi”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Kesulitan Belajar, Kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:27
Last Modified: 23 Sep 2020 02:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item