Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris Kelas V Di Mi Nu Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/ 2019

LAZULFA, INDANA (2019) Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris Kelas V Di Mi Nu Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (641kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (629kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris pada peserta didik sebelum perlakuan (treatment) di MI NU Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus. (2) Untuk mengetahui perbedaan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris pada peserta didik setelah perlakuan (treatment) yaitu kelompok eksperimen menggunakan media flash card dan kelompok kontrol menggunakan media konvensional di MI NU Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus.(3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan(treatment) di MI NU Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dasar (basic research). Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif eksperimen. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik kelas VA MI NU Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus sebagai kelompok eksperimen, dengan jumlah sampel 32 orang, dan peserta didik kelas VB di MI NU Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus sebagai kelompok kontrol dengan jumlah sampel yang sama. Sebelum penelitian lembar observasi 15 dari variabel (X) dan lembar soal 15 dari variabel (Y) diuji oleh 3 rater. Adapun hasil dari uji validitas untuk variabel X ada 14 item soal yang valid dan 1 item soal tidak valid, sedangkan untuk variabel Y 14 item soal yang valid dan 1 item soal yang tidak valid. Maka 14 item soal variabel X dan 14 item soal variabel Y tersebut yang akan dibagikan kepada 32 responden di MI NU Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus. Hasil uji reliabilitas untuk variabel X 0,626 > 0,60.dan variabel Y 0,631 > 0,60. Maka Kedua variabel tersebut dikatakan reliabel. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol terhadap kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris pada anak sebelum perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 24,34 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 24,12. Dari hasil perhitungan, t hitung lebih kecil dari t tabel 0,804 < 2,040. (2) Tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris pada anak setelah perlakuan (treatment) dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 25,78 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 25,09. Dari hasil perhitungan, t hitung lebih kecil dari t tabel 1,953 < 2,040. (3) Ada perbedaan pada saat sebelum dan sesudah perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen terhadap kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris pada anak dengan nilai rata-rata yang meningkat yaitu dari 24,34 menjadi 25,78, kemudian juga t hitung lebih besar dari t tabel 3,973 > 2,040.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Flash Card (Variabel X), Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Anak (Variabel Y).
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:57
Last Modified: 23 Sep 2020 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item