Pengaruh Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak

Mabrurotus, Viya (2019) Pengaruh Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
3 daftar isi.pdf

Download (222kB)
[img] Text
4 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB 4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 BAB 5.pdf

Download (326kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB)

Abstract

Karakter merupakan sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Pembentukan karakter dapat dibentuk melalui kegiatan-kegiatan positif yang diadakan sekolah seperti ekstrakurikuler pramuka. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. 2) Untuk mengetahui pembentukan karakter siswa di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter siswa di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket pada siswa kelas XI di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. Populasi terdiri atas semua kelas XI kemudian diambil sampel sebanyak 49 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive cluster random sampling Metode analisis regresi sederhana dengan bantuan program olah data SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan pembentukan karakter siswa kelas XI dalam kategori sangat baik dan baik. Hal ini terlihat pada rata-rata masing-masing yaitu 60 dan 49. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan pembentukan karakter siswa kelas XI dengan menggunakan Ŷ = 23,932 + 0,426 X 3) terdapat pengaruh signifikan ektrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter siswa, ditunjukkan oleh hasil dari nilai Freg > Ftabel yaitu 15,4 >4,05. Adapun nilai ro sebesar 0,497 sedangkan rt pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,281. Yang berarti ro lebih besar dari rt maka hipotesis diterima. 4) terdapat koefisien determinasi (R2) sebesar 0,247. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter siswa dan Kontribusi pengaruh variabel ekstrakurikuler pramuka sebesar 24,7% terhadap pembentukan karakter siswa dan sisanya 75,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Siswa disarankan untuk aktif mengikuti ekstrakurikuler pramuka dan seluruh pihak yang berkecimpung dalam kepramukaan agar dapat menciptakan kegiatan kepramukaan yang lebih variatif sehingga tidak menimbulkan kebosanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Pramuka, Pembentukan Karakter.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Sep 2020 11:40
Last Modified: 25 Sep 2020 11:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item