Anisah, Siti Nur (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Ekstrakurikuler PMR Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di MA Miftahussalam Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER - Kata pengantar.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. abstrak.pdf Download (214kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (460kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (545kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (512kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada ekstrakurikuler PMR dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di MA Miftahussalam Demak tahun pelajaran 2018/2019; Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter pada ekstrakurikuler PMR dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di MA Miftahussalam Demak tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Penelitian lapangan bertujuan untuk mempelajari fenomena dalam lingkungan yang alamiah. Dapat pula dikatakan sebagai penelitian yang mencari data secara langsung dengan melihat dari objek yang akan diteliti. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu sebuah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data berupa observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler PMR di MA Miftahussalam Demak mengacu kepada Visi dan Misi Palang Merah Indonesia serta sejalan dengan Visi dan Misi MA Miftahussalam Demak; pelaksanan ekstrakurikuler PMR di MA Miftahussalam Demak memiliki tujuan untuk mendidik siswa agar menjadi generasi yang berkarakter dan berkualitas; dalam pelaksanaan ekstrakurikuler PMR di MA Miftahussalam Demak menerapkan nilai-nilai karakter yang mengacu kepada Tujuh Prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional serta Tri Bhakti PMR; faktor pendukung meliputi kerjasama antara Pembina PMR dan Pelatih PMR di MA Miftahussalam dengan Pembina PMR dan Pelatih PMR di MTs Miftahussalam, sarana lapangan yang luas, izin dari Kepala Madrasah bagi siswa yang akan mengikuti kegiatan perlombaan maupun pelatihan terkait ekstrakurikuler PMR, serta anggota ekstrakurikuler PMR sering dilibatkan dalam berbagai kegiatan sebagai tim medis; sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya sarana dan prasarana penunjang ekstrakurikuler PMR, waktu pelaksanaan kegiatan yang berbenturan dengan kegiatan lain, serta rasa jenuh yang dirasakan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler PMR, Keterampilan Sosial, Pendidikan Islam. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 12:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2020 12:21 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3317 |
Actions (login required)
View Item |