Maghfiroh, Siti Kholifatul (2019) Efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan pendidikan karakter bagi siswa kelas VII di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (681kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (400kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (727kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yang Pertama,untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan Pendidikan karakter bagi siswa kelas VII di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Kedua untuk mengetahui efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan Pendidikan karakter bagi siswa kelas VII di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Ketiga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan Pendidikan karakter bagi kelas VII di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran akidah akhlak, waka kurikulum, kepala sekolah dan siswa kelas VII di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan data menggunakan beberapa cara yaituuji kredibilitas, triangulasi,perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi, member check, uji transferability, uji depenability, dan uji konfirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan Pendidikan karakter bagi siswa diawali dengan penyusunan RPP sesuai mutu Pendidikan, Pendidikan karakter tercantum dalam standar isi dan standar proses pembelajaran. guru menggunakan berbagai metode pembelajaran, disesuaikan dengan materi yang diajarkan, setelah pembelajaran akidah akhlak siswa mampu mengamalkan akhlak terpuji seperti, disiplin, toleransi, jujur dan sebagainya 2). Efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan Pendidikan karakter, sudah efektif karena semakin membaiknya karakter siswa, guru melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga terjadinya interaksi antara guru dan siswa,. menciptakan suasana yang menyenangkan. Memberikan motivasi kepada siswa, memberikan pengarahan dan siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran 3). Faktor pendukung efektivitas pembelajaran akidah akhlak, adalah dukungan dari guru, motivasi kerja, kerja sama semua pihak (stakeholder), variasi (metode) mengajar, dan adanya sarana prasarana yang cukup memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu : berbagai macam karakter siswa, lingkungan dan keterbatasan waktu kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran, akidah akhlak, Pendidikan Karakter |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 02:43 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 02:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3320 |
Actions (login required)
View Item |