Pola Pembelajaran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII di SMP IT Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus. Skripsi, Kudus: Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, 2019

Darmawan, Fatchul (2019) Pola Pembelajaran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII di SMP IT Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus. Skripsi, Kudus: Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pola pembelajaran guru PAI kelas VIII di SMP IT Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus, 2) Untuk mendeskripsikan karakter siswa kelas VIII di SMP IT Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus, 3) Untuk menganalisis pola pembelajaran guru PAI dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di SMP IT Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan field research dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan 3 orang (kepala sekolah, guru PAI dan siswa). Lokasi penelitian ini SMP IT Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Pola pembelajaran PAI kelas VIII di SMP IT Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus dilakukan dengan seksama, karena pola atau metode ini akan memberikan gambaran akademik maupun non akademik pada diri siswa, lebih-lebih pembentukan karakter siswa, 2) Karaker siswa kelas VIII di SMP IT Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus menghargai hidup manusia, menghargai keutuhan dan keunikan ciptaan, serta menghasilkan sosok pribadi yang memiliki kemampuan intelektual dan moral yang seimbang sehingga masyarakat akan menjadi semakin manusiawi serta siswa memiliki tanggung jawab saat diberikan tugas pada gurunya, siswa juga kerja keras jika ada kegiatan sosial di lingkungan masyarakat, siswa selalu berkata jujur pada guru maupun temannya dan lain sebagainya, 3) Pola pembelajaran guru PAI dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di SMP IT Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus menggunakan pola secara bervariasi antara tiga pola (pola tradisional, pola dibantu media dan pola memanfaatkan media) yang ada yang dikemas dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga ini akan memberikan kemudahan bagi guru PAI untuk membentuk karakter peserta didik dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelajaran, Guru PAI, Karakter Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Nov 2020 04:48
Last Modified: 27 Nov 2020 04:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3341

Actions (login required)

View Item View Item