PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR WALL CHART DALAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA MATHOLIUL HUDA PUCAKWANGI PATI

Umam, Muhammad Khoirul (2016) PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR WALL CHART DALAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA MATHOLIUL HUDA PUCAKWANGI PATI. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. cover Awal.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Peneliti Muhammad Khoirul Umam dengan NIM 111 395 angkatan 2011, dengan judul “Penggunaan Media Belajar Wall Chart Dalam Pengembangan Kreatifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Matholiul Huda Pucakwangi Pati”, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, dengan pembimbing Bapak Manijo, M.Ag. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pembelajaran Fiqih, bagaimana penggunaan sumber belajar wall chart dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan sumber belajar wall chart dalam pengembangan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Matholiul Huda Pucakwangi Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sumber belajar wall chart pada mata pelajaran Fiqih di MA Matholiul Huda Pucakwangi Pati sudah baik terbukti mampu meningkatkan kreativitas belajar siswa yang diindikatorkan dengan siswa yang memiliki hasrat keingintahuan yang cukup besar, bersifat terbuka terhadap pengalaman baru, cenderung lebih menyukai tugas yang berat dan sulit serta bergairah serta aktif dalam melaksanakan tugas serta siswa tidak merasa bosan karena penggunaan bahan ajar yang beragam diselingi antara penggunaan buku paket dari Kementerian Agama Indonesia. Serta telah sesuai dengan tujuan program pengembangan mutu sekolah Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati yaitu meningkatnya moral peserta didik dengan perilaku santun, meningkatnya prestasi siswa secara akademik yang bisa dilihat dengan naiknya rata-rata nilai ulangan harian siswa dari 7 menjadi 7,5 dan meningkatnya ketrampilan /skill peserta didik, terbentuknya kemampuan kepemimpinan pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Belajar; Wall Chart; Kreatifitas Belajar Siswa; Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Amd Yuyun Yuyun
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:54
Last Modified: 04 Feb 2017 03:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item