Pratama, Wilda Adi (2019) Implementasi Strategi Mnemonik untuk Meningkatkan Daya Ingat Belajar Siswa terhadap Materi Asma’ul Husna Kelas VII Di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover sampai kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (365kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (378kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (590kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (811kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (433kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (786kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (376kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui upaya meningkatkan daya ingat belajar siswa melalui strategi mnemonik terhadap materi Asma’ul Husna kelas VII di MTs Yahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari upaya meningkatkan daya ingat belajar siswa melalui strategi mnemonik terhadap materi Asma’ul Husna kelas VII di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data primer yaitu: kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, guru pengampu mata pelajaran Aqidah Akhlak, pengurus OSMYQ sekaligus koordinator pembacaan Asma’ul Husna, dan peserta didik. Sumber data sekunder yaitu: arsip madrasah dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang menggunakan triangulasi, uji transferability, uji depenability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi strategi mnemonik untuk meningkatkan daya ingat belajar siswa terhadap materi Asma’ul Husna berjalan dengan baik dan lancar, pelaksanaan strategi mnemonik pada program pelaksanaan pembacaan Asma’ul Husna bertujuan untuk memudahkan siswa dalam menghafal Asma’ul Husna, selain itu juga dapat meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi Asma’ul Husna. Ini terbukti dengan siswa yang rutin dan selalu konsentrasi ketika proses pembacaan Asma’ul Husna memiliki kepribadian yang lebih baik, memiliki pemahaman yang lebih mengenai makna atau fadhilah di balik nama-nama Allah yang baik, serta memiliki motivasi yang tinggi dalam membaca Asma’ul Husna. Sedangkan siswa yang tidak rutin dan kurang konsentrasi ketika membaca Asma’ul Husna tidak memiliki komponen yang telah disebutkan. 2) Faktor pendukung yaitu: sistem koordinasi yang baik, sarana dan prasarana, dan monitoring dari pimpinan madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: masih banyak terdapat kegaduhan dan masih kesulitan dalam mengondisikan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Mnemonik, Daya Ingat, dan Asmaul Husna. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 02:19 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 02:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3375 |
Actions (login required)
View Item |