Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Training Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Tahun Ajaran 2019

nisa‟, Ainun (2019) Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Training Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Tahun Ajaran 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (869kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (407kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (540kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (339kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Inquiry Training pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs NU Matholi’ul Huda Gebog Kudus, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran Inquiry Training pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs NU Matholi’ul Huda Gebog Kudus, serta untuk mengetahui solusi faktor penghambat model pembelajaran Inquiry Training pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs NU Matholi’ul Huda Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan metode file research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Kemudian menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan yaitu dengan mengamati peserta didik, dan guru pada saat proses pembelajaran inkuiri training pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII, wawancara kepada kepala sekolah, guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan peserta didik kelas VIII, dan melalui dokumentasi yang akan dianalisa dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan model pembelajaran inkuiri training pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Matholi’ul Huda Gebog Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi model pembelajaran inkuiri training pada mata pelajaran akidah akhlak MTs NU Matholi’ul Huda Gebog Kudus pelaksanaannya peserta didik belajar pengetahuan, sudah berjalan dengan baik secara efektif dan efisien, 2) Kendala faktor pendukung model pembelajaran inkuiri training pada mata pelajaran akidah akhlak MTs NU Matholi’ul Huda Gebog Kudus adalah didukung dari keterlibatan peserta didik untuk lebih aktif dalam setiap pembelajaran, sedangkan faktor penghambatnya dari kterbatasan waktu, sarana dan fasilitas, serta ketergantungan peserta didik pada pendidik, serta adanya faktor penghambat model pembelajaran inkuiri training pada mata pelajaran akidah akhlak MTs NU Matholi’ul Huda Gebog Kudus perlu adanya memperhatikan tujuan pembelajaran, penyusunan rpp, mengoptimalkan alokasi waktu, memberi perhatian khusus pada peserta didik, serta mengkondisikan peserta didik pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Training, Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:23
Last Modified: 23 Dec 2020 02:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3376

Actions (login required)

View Item View Item