Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Fitriyani, Zulfi (2019) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (687kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (905kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa kelas V (lima) di MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala penggunaan gadget dan skala perilaku sosial. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V (lima) MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 17.0 for windows. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa hubungan antara kedua variabel penggunaan gadget dengan perilaku sosial adalah 0,984 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Nilai R Square diperoleh sebesar 0,969 menunjukkan bahwa penggunaan gadget memberikan pengaruh terhadap perilaku sosial sebesar 96,9% dan sisanya 3,1% adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t diperoleh nilai thitung sebesar 29,342 dengan ttabel 1,697. Ini berarti nilai thitung lebih besar dari ttabel (29,342 > 1,697) dengan signifikansi 0,000 dimana nilai signifikansi kurang dari (< 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi pengaruh variabel penggunaan gadget sebesar 96,9% terhadap perilaku sosial siswa. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan gadget berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku sosial siswa kelas V di MI NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget, Perilaku Sosial.
Subjects: Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:31
Last Modified: 23 Dec 2020 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item