Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlaq Siswa Kelas IX di MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara

Qomariyah, Nurul (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlaq Siswa Kelas IX di MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (862kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (541kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran Akidah Akhlaq kelas IX di MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah akhlaq kelas IX di MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar Akidah Akhlaq siswa kelas IX di MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara. Jenis penelitian iniadalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji t, dan koefisien determinasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) Penerapan model Make A Match di MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 tergolong baik, hal tersebut sesuai dengan hasil penyebaran angket yang menunujukkan bahwa peserta didik menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match di MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 tergolong baik sebesar 42,02 % karena sebagian besar jawaban responden berada pada inteval 83-88 yang masuk dalam kategori baik. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara tergolong cukup baik, hal tersebut sesuai dengan hasil penyebaran angket yang menunjukkan peserta didik menyatakan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak sebesar 47,83% karena sebagian besar jawaban responden berada pada interval 84-89 yang masuk dalam kategori cukup baik (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara. Berdasarkan nilai t hitung< t tabel yaitu sebesar (-13.456< 2,000). Didukung dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu menunujukkan nilai sebesar 0,00. Dan berdasarkan nilai rhitung > rtabel yaitu sebesar (0,244 > 0,484), maka terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas IX di MTs umrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Hasil Belajar, Akidah Akhlaq
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:16
Last Modified: 29 Jan 2021 07:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item View Item