Hubungan Antara Kewibawaan Guru PAI dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 01 Keling Jepara

Qoriyati, Qoriyati (2020) Hubungan Antara Kewibawaan Guru PAI dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 01 Keling Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (795kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (639kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (638kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (254kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Kedisiplinan merupakan faktor penting dalam pendidikan, terutama kedisiplinan dalam belajar. karena tanpa adanya kesadaran belajar oleh siswa, tujuan pendidikan tidak akan tercapai. Usaha dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dapat dilakukan oleh guru, karena guru merupakan komponen pendidikan yang bersinggungan langsung dengan siswa. Kewibawaan guru dapat memberikan pengaruh dalam menciptakan kedisiplinan belajar siswa karena segala bentuk bimbingan dapat diterima siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 01 Keling Jepara. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis bagaimana kewibawaan guru PAI, (2) untuk menganalisis bagaimana kedisiplinan belajar siswa jurusan Administrasi Perkantoran, dan (3) untuk menganalisis Hubungan antara Kewibawaan Guru PAI dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran pada Mata Pelajaran Akhlak. Jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa jurusan Administrasi Perkantoran dengan sampel 60 siswa. Metode pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, korelasi Pearson Product Moment dan uji t. Hasil penelitian (1) kewibawaan guru PAI yang mengampu mata pelajaran akhlak berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 67,78 berada pada interval 61 – 80, (2) kedisiplinan belajar siswa jurusan administrasi perkantoran berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 61,55 berada pada interval 61 – 80, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kewibawaan guru PAI dengan Kedisiplinan Belajar siswa jurusan administrasi perkantoran pada mata pelajaran akhlak. Diperoleh nilai koefisien korelasi 0,352 > r tabel dengan taraf signifikansi 5% dan n 60 yaitu 0,254 yang berarti terdapat hubungan yang positif dengan kekuatan hubungan rendah berada pada interval 0,200 – 0,399. Melalui uji t diperoleh nilai t hitung 2,866 > t tabel dengan taraf signifikansi 5% dk n-2 (60-2=58) yaitu 2,009 yang menunjukkan hubungan kedua variabel adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kewibawaan, kedisiplinan belajar.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:58
Last Modified: 29 Jan 2021 07:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item