Penerapan Media Pembelajaran Corong Hitung dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di RA Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Rukhanah, Rukhanah (2020) Penerapan Media Pembelajaran Corong Hitung dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di RA Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (563kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (473kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (418kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif atau jenis penelitian lapangan (field research). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan media pembelajaran corong hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini di RA Kedungombo Buaran Mayong Jepara. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat media pembelajaran corong hitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini di RA Kedungombo Buaran Mayong Jepara.. Subyek penelitian sebanyak 23 orang, 1 kepala sekolah, 1 guru kelas dan kelompok B RA Kedungombo Buaran Mayong Jepara sejumlah 21 anak. Disini peneliti mengambil lokasi di RA Kedungombo Buaran Mayong Jepara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian diuji keabsahan dengan cara uji kredibilitas, uji transferability dan dependability. Setelah data-data terkumpul kemudian analisis dilakukan dengan redukasi data, penyajian data dan kesimpulan (verication). Hasil penelitian yang didapat yaitu: 1) pembelajaran mengacu pada RPPH yang meliputi empat tahap, yaitu Pertama, tahap persiapan terdiri dari mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, Kedua, tahap pelaksanaan terdiri dari peserta didik membentuk lingkaran, guru menerangkan cara menggunakan media corong hitung atau langkah-langkahnya, anak-anak maju secara bergantian untuk mempraktikkan media tersebut sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru. Ketiga, tahap penutup terdiri dari kegiatan cuci tangan bersama, berdoa sebelum makan dan minum dan istirahat (bermain) bersama. Dan Keempat, tahap evaluasi berupa pengamatan yang dilakukan oleh guru saat anak sedang mengerjakana pembelajaran yang berlangsung. 2) Faktor pendukung dalam penerapan media corong hitung adalah fasilitas atau lingkungan yang mendukung, kondisi anak yang mudah diatur, komunikasi guru dan peserta didik berjalan dengan lancar serta sarana dan prasarana yang lengkap. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan media corong hitung adalah waktu yang sangat terbatas serta kondisi anak yang kurang baik dan berbeda-beda. Langkah atau solusi yang dilakukan dengan waktu yang terbatas maka guru harus cepat tanggap dalam menerapkan kegiatan belajar mengajar. Kondisi anak yang kurang baik dan berbeda-beda maka hal yang dilakukan adalah melalui pendekatan pribadi pada anak dengan cara merayu, memberikan cerita-cerita lucu dengan menggunakan berbagai ekspresi wajah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Corong Hitung, Kemampuan Berhitung
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:09
Last Modified: 02 Feb 2021 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item