Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Film dalam Materi Jujur, Amanah, dan Istiqomah pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri 2 Rembang Tahun Pelajaran 2019/2020

Amali, Farid Sholahul (2020) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Film dalam Materi Jujur, Amanah, dan Istiqomah pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri 2 Rembang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (509kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)

Abstract

Model Problem Based Learning dapat membatu peserta didik untuk mentransfer pengetahuan serta memahami masalah dalam kehidupan nyata dan dapat membantu peserta didik mengembangkan pengetahuan barunya sedangkan media film dapat membantu peserta didik menjalin komunikasi dan interaksi yang lebih hidup, sehingga pesan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media film, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media film, 3) Mendeskripsikan solusi yang harus dilakukan guru dalam mengatasi penghambat penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media film. Hasil penelitian pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Rembang menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Model Problem Based Learning dengan media film dapat dilaksanakan sesuai dengan sintaks dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Faktor pendukungnya adalah guru membuat RPP yang sesuai dengan sintaks Problem Based Learning dengan media film, guru memilih film yang tepat sesuai dengan materi, dan didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya adalah beberapa peserta didik tidak ikut mengerjakan soal diskusi, mengganggu temannya dan malu saat maju presentasi hasil diskusi kelompoknya. 3) Solusi yang harus dilakukan adalah guru mengelilingi setiap kelompok saat diskusi dan meyakinkan peserta didik bahwa setiap pendapat memiliki nilai kebenaran masing-masing,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learing, Media Film, Pembelajaran PAI.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2021 06:49
Last Modified: 04 Feb 2021 06:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item