Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Produk Pembiayaan Murabahah di BMT Al-Fattah Juwana

Shelawati, Lenny (2020) Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Produk Pembiayaan Murabahah di BMT Al-Fattah Juwana. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (208kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (91kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (299kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran di BMT Al Fattah Juwana, 2) Untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan murabahah di BMT Al Fattah Juwana, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah pada produk pembiayaan murabbahah di BMT Al Fattah Juwana. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung pada Manager BMT, Customer Service, Marketing dan anggota BMT Al-Fattah Juwana. Metode analisis menggunakan metode analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Dari pembahasan dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi pemasaran yang dipakai BMT Al-Fattah Juwana adalah melakukan segmentasi, targetting, positioning, dan melakukan bauran pemasaran 7P. 2) Penerapan strategi pemasaran yang diterapkan BMT Al-Fattah Juwana sudah efektif karena jumlah anggota atau nasabah pada pembiayaan murabahah dari tahun 2017 sampai 2018 mengalami sedikit peningkatan. 3) Faktor pendukung yang mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah murabahah di BMT Al-Fattah Juwana ada dua yaitu dari segi faktor internal dan eksternal, dan faktor penghambat disebabkan oleh tiga faktor yaitu kurangnya pengetahuan, komponen promosi dan keberadaan BMT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Jumlah Nasabah, Pembiayaan Murabahah
Subjects: Fiqih > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2021 01:51
Last Modified: 08 Feb 2021 01:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item