PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP SE-KECAMATAN DAWE TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nihlatun, Noor (2016) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP SE-KECAMATAN DAWE TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
File 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
File 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
File 4 Bab 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
File 5 Bab 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 6 Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
File 7 Bab 4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 8 Bab 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
File 9 Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Prestasi belajar peserta didik secara garis besar dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern . Salah satu faktor intern yang diduga mempengaruhi prestasi belajar adalah self-efficacy atau efikasi diri. Pemerintah mengeluarkan PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 28, ayat 3 dan UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan Dosen pasal 10, Ayat 1, menyatakan bahwa kompetensi pendidik sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini yang meliputi : kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat pengaruh berganda dengan menggunakan rancangan penelitian dikriptif pengaruh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP se-Kecamatan Dawe (SMP 1 Dawe, SMP 2 Dawe dan SMP 3 Dawe) yang berjumlah 386 siswa, sedangkan sebagai sampelnya 100 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Proporsional Random Sampling dari jumlah populasi masing – masing sekolah yang menjadi obyek penelitian. Kajian diskriptif menyimpulkan bahwa :a. Variabel persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru (X1) adalah 39 % cukup, b) Variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesioanal guru (X2) adalah 42 % cukup, c) Variabel efikasi diri siswa (X3) adalah 33 % cukup dan d) Variabel prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Y) 71 % ≥ KKM. Hasil uji hipotesis menyimpulkan : a) Terdapat pengaruh yang signifikan X1 terhadap Y, dengan hasil pengujian signifikansi Thitung = 3,746 >Ttabel = 1.98 dengan taraf signifikan 0,05, b). Terdapat pengaruh yang signifikan X2 terhadap Y dengan hasil pengujian signifikansi Thitung = 4,385 > Ttabel = 1.98 dengan taraf signifikan 0,05 c) Terdapat pengaruh yang signifikan X3 terhadap Y, dengan hasil pengujian signifikansi Thitung = 3,838 >Ttabel = 1.98 dengan taraf signifikan 0,05.d) Terdapat pengaruh yang signifikan X1, X2 dan X3 secara bersama sama terhadap Y, dengan hasil pengujian signifikansi secara simultan Fhitung = 28,006 > Ttabel = 1.98 dengan taraf signifikan 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru; Kompetensi Profesional Guru; Efikasi Diri Siswa dan Prestasi Belajar
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Sosial > Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 04:09
Last Modified: 04 Feb 2017 04:09
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item View Item