Implementasi Metode Learning Start with a Question pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak

Sholihah, I’ah Lu’luatus (2020) Implementasi Metode Learning Start with a Question pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (896kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (638kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode learning start with a question pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan tersebut. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena secara mendalam, seperti: tindakan, peristiwa, persepsi, pemikiran orang baik secara individual maupun kelompok secara mendalam dan sebagainya. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah MA Mazro’atul Huda, guru mata pelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul HudaWonorenggo Karanganyar Demak serta satu peserta didik perempuan kelas X IPA 1. Data-data tentang implementasi metode learning start with a question pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak dikumpulkan dengan teknik wawancara atau interview, observasi, dan menggunakan studi dokumentasi. Setelah peneliti terjun langsung ke lapangan dan mengumpulkan data-data secara akurat serta menganalisisnya, maka hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, metode learning start with a question merupakan sebuah metode inovasi dalam pembelajaran yang dapat menciptakan situasi dan kondisi peserta didik jauh lebih aktif dalam belajar serta dapat mengembangkan kemampuan bertanya tentang materi akidah akhlak yang diberikan. Implementasi metode learning start with a question pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak sudah diimplementasikan dengan baik, yaitu guru menerapkan metode learning start with a question sesuai dengan prosedur atau langkah-langkah yang tepat. Kedua, Faktor-faktor pendukung metode tersebut yaitu: dari mediator atau pendidik, faktor peserta ddik, kelebihan dari metode learning start with a question itu sendiri dan sarana prasarana misalnya media pembelajaran yang digunakan. Adapun ketiga, faktor-faktor penghambatnya yaitu: waktu yang sangat terbatas dan faktor dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode, learning start with a question, pembelajaran akidah akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:52
Last Modified: 08 Feb 2021 04:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3485

Actions (login required)

View Item View Item