Pengaruh Kedisiplinan Guru Dalam Mengajar Terhadap Pembentukan Karakter Dan Motivasi Belajar Siswa Di MI Matholi’ul Hija Margorejo Dawe Kudus

Khilmawati, Hanik (2020) Pengaruh Kedisiplinan Guru Dalam Mengajar Terhadap Pembentukan Karakter Dan Motivasi Belajar Siswa Di MI Matholi’ul Hija Margorejo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (866kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (777kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (973kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (755kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (797kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kedisiplinan guru, (2) Karakter siswa, (3) Ada tidaknya pengaruh kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap pembentukan karakter dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field reseach) dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dengan melakukan penyebaran angket kepada peserta didik MI Matholi’ul Hija Margorejo Dawe Kudus. Sampel penelitian sebanyak 30 peserta didik dengan metode analisis regresi linier dengan bantuan SPSS versi 22.0. Dalam penelitian korelasi ini, terdapat tiga variabel yakni kedisiplinan guru dalam mengajar (X) dengan pembentukan karakter (Y1) dan motivasi belajar siswa (Y2). Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa (1) Kedisiplinan guru dalam mengajar dikategorikan baik dengan hasil skor rata-rata sebesar (75,83) termasuk dalam interval (74 – 78). (2) Karakter siswa dikategorikan baik dengan hasil skor rata-rata variabel sebesar (68,47) termasuk dalam interval (68 – 71). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap pembentukan karakter dan motivasi belajar siswa. Kedisiplinan guru dalam mengajar dengan pembentukan karakter didapatkan nilai (R2) sebesar 0,078 artinya persentase sumbangan pengaruh sebesar 7,8% dengan skor koefisien regresi sebesar 0,202 mempunyai t hitung sebesar 2,539 dan t tabel sebesar 2,048 dengan probabilitas (sig.) 0,000. Sehingga t hitung (2,539) < t tabel (2,048) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan kedisiplinan guru dalam mengajar memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai (R2) sebesar 0,110 artinya persentase sumbangan pengaruh sebesar 11% dengan skor koefisien regresi sebesar 0,291 mempunyai t hitung sebesar 2,864 dan t tabel sebesar 2,048 dengan probabilitas (sig.) 0,001. Sehingga t hitung (2,864) < t tabel (2,048) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap pembentukan karakter dan motivasi belajar siswa di MI Matho’liul Hija Margorejo Dawe Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Guru Dalam Mengajar, Pembentukan Karakter, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:27
Last Modified: 08 Feb 2021 06:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3491

Actions (login required)

View Item View Item