Implementasi Metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-Recitation, Test) dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Berfikir Kritis dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Shofa Marwah Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Windasari, Windasari (2020) Implementasi Metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-Recitation, Test) dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Berfikir Kritis dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Shofa Marwah Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
4 BAB I SKRIPSI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
5 BAB 2 SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB 3 SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB 4 SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 BAB V SKRIPSI.pdf

Download (529kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui proses penerapan metode PQRST dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan berfikir kritis, masih rendahnya keaktifan dan kemampuan berfikir kritis siswa, adanya anggapan bahwa metode ceramah kurang efektif dalam meningkatkan keaktifan secara fisik serta psikis, terdapat kekurangan media pembelajaran fiqih, terjadinya permasalahan yang dialami siswa seperti siswa kurang fokus saat pembelajaran, siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat, dan siswa kurang menguasai materi pelajaran sebab kurang dalam membaca materi pelajaran. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif murni yang disajikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran fiqih di MTs Shofa Marwah Sowan Lor Kedung Jepara tahun pelajaran 2019/2020 berjalan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, serts dalam pelaksanaan pembelajaran terjadi interaksi antar komponen pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan guru, keadaan siswa ketika proses pembelajaran, dan sarana prasarana yang disediakan sekolah. 2) Implementasi metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-Recitation, Test) dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran fiqih di MTs Shofa Marwah Sowan Lor Kedung Jepara tahun pelajaran 2019/2020 Terjadi peningkatan keaktifan ketika menggunakan metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-Recitation, Test) dari indikator berikut: a) keaktifan dalam membuat pertanyaan, sebelum tindakan terdapat 3 siswa atau 18,75% meningkat menjadi 7 siswa atau 43,75%, b) keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sebelum tindakan terdapat 4 siswa atau 25% meningkat menjadi 10 siswa atau 62,5%, c) keaktifan dalam mengungkapkan gagasan menggunakan kalimat sendiri, sebelum tindakan terdapat 5 siswa atau 31,25% meningkat menjadi 12 siswa atau 75%. Sedangkan peningkatan berfikir kritis dari indikator berikut: a) kemampuan dalam mengerjakan soal terkait dengan materi pelajaran secara tepat, sebelum tindakan terdapat 7 siswa atau 43,75% meningkat menjadi 13 siswa atau 81,25%, b) membuat kesimpulan terkait materi pelajaran, sebelum tindakan terdapat 4 siswa atau 25% meningkat menjadi 13 siswa atau 81,25%. 3) Dampak implementasi metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-Recitation, Test) dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran fiqih di MTs Shofa Marwah Sowan Lor Kedung Jepara tahun pelajaran 2019/2020 adalah fokus ketika proses pembelajaran, berani dalam mengemukakan gagasannya, dan lebih menguasai materi pelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode PQRST (Preview, Question, Read, Self-Recitation, Test), Keaktifan, Berfikir Kritis, Pembelajaran Fiqih.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Feb 2021 07:22
Last Modified: 10 Feb 2021 07:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item View Item