MODEL MANAJEMEN KELAS BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR TAHFIDUL QUR’AN DI SDIT AL IHLAS TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI

Susanto, Agus (2020) MODEL MANAJEMEN KELAS BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR TAHFIDUL QUR’AN DI SDIT AL IHLAS TLOGOWUNGU KABUPATEN PATI. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (473kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (421kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui Manajemen kelas berbasis budaya religius dalam meningkatkan proses belajar mengajar Tahfidul Qur’an di SDIT Al Ihlas Tlogowungu Kab. Pati. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas berbasis budaya religius dalam meningkatkan proses belajar mengajar Tahfidul Qur’an di SDIT Al Ihlas Tlogowungu Kab. Pati. 3) Untuk mengetahui hasil atau perubahan yang diperoleh dari implmentasi manajemen kelas berbasis budaya religius dalam meningkatkan proses belajar mengajar Tahfidul Qur’an di SDIT Al Ihlas Tlogowungu Kab. Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SDIT Al Ihlas Tlogowungu Kab. Pati Subjek dalam penelitian ini adalah guru SDIT Al Ihlas Tlogowungu Kab. Pati, peserta didik di SDIT Al Ihlas Tlogowungu Kab. Pati. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama manajemen kelas berbasis budaya religius dalam meningkatkan proses belajar mengajar Tahfidul Qur’an di dasari oleh perilaku keagaamaan yang meliputi, sholat dhuha berjamaah, murojaah juz 30 bersama sebelum solat dhuha, membaca asmaul husna dan berdoa sebelum masuk kelas, dan sikap religius yang lainnya. Kedua, Adapun faktor – faktor pendukung manajemen kelas berbasis budaya religius dalam meningkatkan proses belajar mengajar Tahfidul Qur’an di SDIT Al Ihlas Tlogowungu Kab. Pati yaitu : Faktor usia, faktor kecerdasan siswa tingkat tinggi, faktor tujuan dan minat, dan faktor lingkungan. Faktor penghambat dalam manajemen kelas berbasis budaya religius dalam meningkatkan proses belajar mengajar Tahfidul Qur’an di SDIT Al Ihlas Tlogowungu Kab. Pati yaitu: adanya tingkat k emalasan siswa, siswa lebih senang bermain-main, rendahnya kecerdasan siswa, dan pengelolaan waktu yang kurang maksimal. Ketiga,. hasil manajemen kelas berbasis budaya religius dalam meningkatkan proses belajar mengajar Tahfidul Qur’an yang ditunjukkan dengan meningkatnya religiusitas dan kemandirian baik dalam bersikap,bertanggung jawab maupun dalam tindakan. Perencanaan sebelum pelaksanaan pembelajaran di mulai tergantung beberapa aspek, yaitu : Karakteristik siswa, motivasi, perhatian, persepsi, retensi, transfer, dan sikap. Dan mempunyai pengaruh yang baik terhadap peningkatan karakter, tanggung jawab,kemandirian dan kebiasaan keberagaamaan yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Budaya Religius dan Sikap sosial.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:55
Last Modified: 15 Feb 2021 06:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item